Sekarang! Desa wisata di Jogja pasti punya event rutin untuk menarik minat wisatawan: Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

Sekarang! Desa wisata di Jogja pasti punya event rutin untuk menarik minat wisatawan: Okezone Travel

MELAYANI Pariwisata Kota Yogyakarta mendorong semua desa wisata yang ada di kota memiliki agenda kegiatan yang akan dilakukan secara rutin dan berkesinambungan agar desa wisata menjadi destinasi wisata unggulan di Yogyakarta.

“Tidak semua desa liburan memiliki program kegiatan yang dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Bisa jadi wisatawan datang hari ini tapi tidak ada kegiatan dan sebaliknya,” kata Wahyu Hendratmoko, Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Diantara.

Menurutnya, agenda wisata yang dilaksanakan secara rutin dengan jadwal yang tetap akan memudahkan wisatawan menikmati potensi wisata yang ada di setiap desa wisata.

Setting agenda tidak harus dilakukan setiap hari, namun setidaknya ada agenda rutin dengan frekuensi yang teratur sehingga memudahkan wisatawan untuk mengetahui aktivitas di setiap desa liburan.

Infografis desa wisata

“Agenda pariwisata tidak hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu dengan frekuensi yang tidak terbatas. Harapannya setiap kali wisatawan datang dapat menikmati potensi wisata yang disajikan. Ada keterkaitan antara wisatawan dan desa wisata,” ujarnya.

Wahyu tidak memungkiri bahwa menyusun dan melaksanakan agenda wisata yang rutin dan berkelanjutan membutuhkan dedikasi dan energi yang besar dari para pengelola desa wisata.

“Namun hal ini memang harus terjadi agar keberadaan desa wisata dapat memberikan dampak bagi masyarakat desa tersebut, misalnya ekonomi,” ujarnya.

Salah satu desa wisata yang dipercaya mampu membuat program rutin adalah Desa Wisata Kali Gajah Wong Giwangan. Desa ini memiliki unggulan berupa Embung Lepen.

Baca juga: Saatnya anak muda bangkit bersama Astra untuk Indonesia

“Destinasi wisata di desa wisata ini setiap hari dikunjungi wisatawan, dan di kawasan itu juga ada kegiatan ekonomi. Desa wisata ini bisa menjadi contoh bagi desa wisata lainnya,” ujarnya.

Saat ini, 18 desa wisata di Kota Yogyakarta juga telah mengidentifikasi potensi unggulannya masing-masing, baik berupa atraksi budaya, potensi kuliner, fashion, kegiatan wisata maupun daya tarik wisata.

Infografis Wisata Favorit Yogyakarta

“Kami juga memperkuat kelembagaan seluruh desa wisata untuk mendukung upaya pengembangan desa wisata. Perlu kolaborasi, interaksi dan inovasi agar potensi wisata yang tercipta dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan,” ujarnya.

Selain itu, Pemkot Yogyakarta (Pemkot) juga memberikan bantuan antara lain pembuatan signage atau marka dan pemasangan street furniture di Desa Wisata Gedongkiwo.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button