Sego Cawuk Paling Enak di Banyuwangi! Menu sarapan kuliner khas Kota Gandrung yang unik dengan empat rasa - WisataHits
Jawa Timur

Sego Cawuk Paling Enak di Banyuwangi! Menu sarapan kuliner khas Kota Gandrung yang unik dengan empat rasa

Sego Cawuk Paling Enak di Banyuwangi!  Menu sarapan kuliner khas Kota Gandrung yang unik dengan empat rasa

JemberNetwork.com – Banyuwangi dikenal dengan keindahan alamnya, maka tak heran jika banyak destinasi wisata yang berhubungan dengan alam di Banyuwangi. Seperti kawah Ijen dan air terjun Coklak.

Dijuluki The Sunrise of Java, kabupaten ini juga menyimpan sejumlah pantai yang mempesona. Diantaranya adalah pantai Pulau Merah, Pantai Sukamade dan Teluk Ijo. Pantai di Banyuwangi didominasi oleh pasir putih yang menghadap ke hamparan tebing di pinggir pantai.

Anda tak hanya bisa menikmati keindahan alam Banyuwangi, tapi juga mencicipi menu sarapan khas warga Banyuwangi, yakni Sego Cawuk.

Baca Juga: Tahu Walik Paling Nikmat di Banyuwangi, Rasanya Renyah Dipadu Sambal Petis Aslinya Bikin Nagih

Baca Juga: Lontong Kikil Paling Enak di Surabaya! Kuliner khas kota pahlawan penuh lemak tergiur untuk disantap…

Anda bisa menikmati sunrise matahari pertama di Pulau Jawa sambil menyantap hidangan Sego Cawuk di pinggir pantai.

Sego Cawuk atau Nasi Cawuk merupakan makanan khas yang berasal dari suku Osing Banyuwangi. Sego Cawuk disajikan dengan nasi putih, gecok, sambal pindang dan lauk lainnya.

Gecok adalah adonan yang terbuat dari campuran kelapa parut dan jagung bakar yang dibumbui dengan rasa segar dan tajam saat dimakan. Sedangkan kuah pindang berasal dari kuah yang dicampur dengan ikan, garam, cabai dan terasi.

Baca Juga: Nasi Tempong Paling Enak di Banyuwangi! Kuliner pedas di Kota Gandrung, memiliki rasa sambal yang unik

Dihimpun dari riset tim Jember Network, penjaja Sego Cawuk mudah ditemukan di wilayah Banyuwangi karena masyarakat terbiasa menyantap Sego Cawuk sebagai menu sarapan. Namun, ada stand legendaris Sego Cawuk yang sangat populer di kalangan warga Banyuwangi karena cita rasanya.

Penjual Sego Cawuk terenak di Banyuwangi bisa kamu temukan di kawasan sekitar Rojogampi yang disebut dengan kandang Sego Cawuk Bu Mantih. Sego Cawuk Bu Mantih ramai dikunjungi pengunjung mulai pukul 06.00 hingga siang hari.

Sego Cawuk Bu Mantih disajikan dengan kuah gecok, kuah ikan pepes pindang, daging dan kikil. Satu porsi Sego Cawuk Bu Mantih bisa dinikmati hanya dengan 15.000 rupiah. Pelanggan juga bisa mendapatkan lauk tambahan seperti daging, telur atau kikil.

Baca Juga: Ayam Pedas Paling Enak di Banyuwangi! Kuliner khas kota Gandrung yang menggugah selera dan membuat lidah bergetar

Warung Bu Mantih sudah ada sejak tahun 1972 dan masih dipertahankan oleh pemilik aslinya. Sehingga rasa dan kualitas yang disajikan tetap sama enaknya. Menu Sego Cawuk Bu Mantih populer karena cita rasanya yang otentik.

Saat dikonsumsi, Sego Cawuk memiliki perpaduan rasa yang unik dengan memadukan empat jenis rasa yaitu pedas, asin, manis dan gurih. Keempat jenis rasa ini berasal dari perpaduan kuah Pindang, Gecok, dan Kikil.

Perpaduan rasa ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang gemar mencicipi kuliner khas Indonesia yang berbeda. Jika Anda berada di Banyuwangi, pastikan untuk mencoba Sego Cawuk Bu Mantih yang legendaris.***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button