Sebelum Nataru, Presiden Jokowi mengecek harga di pasar cigombong - WisataHits
Jawa Barat

Sebelum Nataru, Presiden Jokowi mengecek harga di pasar cigombong

jakarta – Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Presiden Joko Widodo meninjau harga sembako di Pasar Cigombong, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat pada Jumat, 23 Desember 2022. Dalam keterangannya usai meninjau, Presiden Jokowi mengaku puas dengan harga sembako di pasar cigombong yang cukup stabil bahkan cenderung turun.

“Saya dan Pak Gubernur, Pak Ridwan Kamil, utamanya mengecek harga barang menjelang Natal dan Tahun Baru. Saya senang harga beberapa barang ini sudah turun,” kata Presiden.

Meski harganya cenderung turun, Presiden menjelaskan masih ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan, seperti daging beku yang naik menjadi Rp95.000 dari Rp85.000, dan bawang merah yang naik Rp2.000 dari harga normal. Namun secara umum, kata Presiden, harga komoditas di pasar masih terkendali dan terkelola dengan baik.

“Daging beku dari 85 (ribuan rupiah) menjadi 95 (ribuan rupiah) tapi harga daging lokal tetap. Lalu bawang merah naik Rp 2.000, bawang putih turun, telur juga turun. Jadi ada yang turun, ada satu, dua (komoditas) naik. Saya kira semuanya masih terkendali, selesai,” lanjutnya.

Presiden menambahkan, harga pangan tetap stabil tidak hanya di Jawa Barat tetapi juga di sejumlah daerah lain di tanah air. Kepala negara mencontohkan ketika harga cabai di pasaran turun drastis menjadi sekitar Rp 30.000.

“Seperti Chili sekarang turun cukup drastis, sampai Rp 30.000, biasanya di atas Rp 60.000, sudah Rp 30.000 misalnya. Jadi sangat baik menjelang Natal dan Tahun Baru. Mungkin yang naik dengan mudah adalah beras,” tambahnya.

Senada dengan Melki, salah satu pedagang sayur di Pasar Cigombong, mengatakan harga sembako di pasar cenderung stabil menjelang Natal dan Tahun Baru. Bahkan, menurut dia, hampir 50 persen harga pangan di pasar turun.

“Saya juga kurang paham, biasanya naik, tapi sekarang yang ini (tomat) pun biasanya mencapai Rp 20.000. Kemarin viral, sekarang kami jual hanya Rp 8.000,” kata Melki.

Melki juga berharap harga pangan di pasar tetap stabil dan tidak ada lagi kenaikan harga. Selain itu, dia berharap pemerintah mampu menjaga stabilitas harga agar daya beli masyarakat meningkat.

“Harapan kami Pak Jokowi bisa stabilkan harga di satu titik. Kedua, pada akhir masa jabatannya, pertumbuhan ekonomi akan meningkat sehingga daya beli masyarakat meningkat,” tambahnya.

Kunjungan Presiden ke Pasar Cigombong didampingi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Plt. Bupati Bogor Ivan Setiavan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button