Sebanyak 660 peserta mengikuti Sleman Temple Run - WisataHits
Yogyakarta

Sebanyak 660 peserta mengikuti Sleman Temple Run

Harianjogja.com, SLEMAN — Sleman Temple Run akan digelar pada Minggu (20/11/2022) di Candi Banyunibo, Desa Bokoharjo, Kapanewon Prambanan. Lomba lari tahunan ini diikuti oleh 660 peserta, termasuk Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo.

Dengan nomor start 3708, Kustini Sri Purnomo start pukul 06.30 WIB bersama ratusan peserta lainnya di nomor start 7K. Tak hanya Kustini, mantan Bupati Sleman Sri Purnomo dan Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo juga terlihat mengikuti Sleman Temple Run di nomor 13 km mulai pukul 06.00 WIB.

Sleman Temple Run 2022 diikuti oleh 660 peserta yang berasal dari berbagai negara seperti Indonesia, Amerika Serikat, Australia, Kanada dan India. Jumlah peserta tahun ini masih dibatasi karena Indonesia masih dalam situasi pandemi.

“Tahun ini kami akan membatasi 660. Nanti tahun 2023 kita buka lagi 2.500. Harapan saya Sleman Temple Run bisa meningkatkan pariwisata di Kabupaten Sleman dan peserta asing bisa mengetahui banyak candi di Sleman yang bisa dinikmati,” kata Kustini.

Ia berterima kasih kepada seluruh peserta dan panitia yang telah menggelar Sleman Temple Run 2022 yang menarik peserta dari berbagai negara. Sleman Temple Run tidak hanya sebagai ajang olahraga, tetapi juga sebagai sport tourism yang dapat menarik minat wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Ishadi Zayid mengatakan, event yang digelar sejak 2015 itu merupakan bentuk promosi destinasi wisata atau sport tourism, khususnya terkait dengan kekayaan wisata heritage berupa candi-candi yang tersebar di Sleman.

“Karena promosi pariwisata melalui event memberikan dampak yang signifikan bagi destinasi wisata berupa tumbuhnya kegiatan ekonomi, maupun bagi wisatawan itu sendiri dengan memberikan pengalaman dan kenangan yang spesifik,” ujarnya.

Untuk menambah daya tariknya, kali ini Sleman Temple Run juga akan menampilkan potensi masyarakat lokal di sepanjang jalur lari, seperti Jathilan di Watu Balik, Hadroh dan Badui di Umbulsari, Srandul di Candi Ijo, Barongan di Candi Barong dan lain-lain.

Hadiah untuk pemenang baik kategori putra maupun putri adalah kategori 25K, juara 1 Rp 10 juta, juara 2 Rp 8 juta dan juara 3 Rp 6 juta. Kategori 13K juara 1 Rp 8 juta, juara 2 Rp 6 juta dan juara 3 Rp 4 juta. Kategori 7K juara 1 Rp 1,5 juta, juara 2 Rp 1 juta dan juara 3 Rp 500.000.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button