Sebanyak 3.326 mahasiswa UNJ mengikuti CPPMB 2022 - WisataHits
Jawa Barat

Sebanyak 3.326 mahasiswa UNJ mengikuti CPPMB 2022

Jakarta (ANTARA) – Pada pembukaan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa tahun pertama Universitas Negeri Jakarta (PKKMB UNJ) tahun 2022, sebanyak 65 persen dari 5.117 mahasiswa tahun pertama atau sekitar 3.326 mahasiswa ikut ambil bagian.

“Kami menyambut seluruh mahasiswa baru UNJ ke kampus gerakan intelektual dan kampus terbaik di Asia bahkan dunia,” kata Ketua BEM UNJ 2022 Ahmad Syauqy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Kegiatan PKKMB UNJ berlangsung Senin ini di Stadion Atletik Rawamangun. Kegiatan tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tema UNJ PKKMB 2022 adalah: “PKKMB menciptakan mahasiswa yang unggul dan berprestasi di era digital”.

Wakil Rektor UNJ Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Abdul Sukur mengatakan total jumlah mahasiswa baru sebanyak 5.117 mahasiswa, terdiri dari 759 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan 769 mahasiswa dari Fakultas Bahasa dan Seni.

Baca Juga: UNJ Dukung Desa Wisata di Bogor

Baca Juga: Wakil Rektor UNJ Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Fakultas Teknik

Kemudian tidak kurang 700 mahasiswa FMIPA, 774 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial, 711 mahasiswa Fakultas Teknik, 421 mahasiswa Fakultas Ilmu Kedokteran, 730 mahasiswa Fakultas Ekonomi, 253 mahasiswa Fakultas Psikologi Pendidikan.

Rektor UNJ Prof. Komarudin mengatakan ada empat hasil dari kegiatan tersebut. Pertama, mengenalkan mahasiswa baru dengan dunia kampus, visi dan budaya akademik. Tujuannya agar mahasiswa baru dapat beradaptasi secara akademis dan ekstra-akademik; memiliki kesiapan psikologis dan sosial; dan bangga dengan almamater UNJ.

Kedua, PKKMB mendorong mahasiswa baru untuk menjadi pembelajar yang tangguh dan mandiri. Menghadirkan prestasi akademik dan ekstra akademik, aktif dalam organisasi kemahasiswaan, memperkuat jaringan dan memberikan kontribusi nyata bagi dunia pendidikan.

Ketiga, pengenalan wawasan kebangsaan bagi mahasiswa baru. Kampus adalah miniatur Indonesia, rumah keindahan luar biasa yang dijalin dari keragaman suku, adat, bahasa, agama, ras dan antar golongan.

Keempat, PKKMB memberikan pengenalan wawasan global. UNJ merupakan bagian penting dari masyarakat dunia. Oleh karena itu, mahasiswa baru harus mampu menjadi warga dunia, memiliki pola pikir global dan mampu berfungsi dalam skala global.

Memperkenalkan wawasan global kepada mahasiswa baru diharapkan dapat menjadi peluang bagi mahasiswa untuk lebih berada pada jalur yang benar dan berperan dalam melakukan transformasi pendidikan dan transformasi sosial di masyarakat, baik sebagai agen pemberdayaan masyarakat, sebagai agen perubahan maupun sebagai agen kontrol sosial, penegakan moral, penggantian generasi sebelumnya (tongkat besi) dan penjaga nilai.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini, termasuk para sponsor. Semoga semua yang telah kita lakukan menjadi amal ibadah kita,” ujar Rektor UNJ.*

Baca Juga:UNJ Gelar Konferensi Pendidikan Internasional

Baca Juga: UNJ Kukuhkan Prof Agung Purwanto dan Prof Yurniwati Sebagai Guru Besar

Reporter: Indriani
Penerbit: Erafzon Saptiyulda AS
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button