Sebagai wujud syukur, warga Kota Temas Batu menggelar Syukuran dan Karnaval Tumpeng - WisataHits
Jawa Timur

Sebagai wujud syukur, warga Kota Temas Batu menggelar Syukuran dan Karnaval Tumpeng

Parade Karnaval Tumpeng Warga Temas, Kota Batu_Parade Karnaval Tumpeng Warga Temas, Kota Batu_

BATU (SurabayaPost.id) – Sebagai bentuk rasa syukur, warga Desa Temas, Kota Batu, Jawa Timur menggelar acara doa bersama dan karnaval tumpeng pada Selasa (8/2/2022).

Acara yang digelar di Desa Temas ini mengusung tema Satya Handarbeni Hamruwat Badha, Bandhu Bumi Ring Temas. Acara tersebut dihadiri Wakil Walikota Batu Punjul Santoso dan Kepala Intelijen Batu Kejari Edi Sutomo beserta undangan lainnya.

Kepala Desa Temas Adi Santoso mengatakan, Pelunasan Desa/Kelurahan ini merupakan salah satu dari Rangkaian Pelunasan Kelurahan ke 168 Tahun 2022.

“Bersama warga Desa Temas, kami mengucapkan terima kasih dan merayakan karnaval tumpeng dan pusaka hari ini,” kata Adi di sela-sela kegiatan, Selasa (2/8/2022).

Parade karnaval tumpeng untuk warga Temas, kota BatuParade karnaval tumpeng untuk warga Temas, kota Batu

Benda-benda pusaka tersebut disebutkan bahwa benda pusaka negara, Garuda Pancasila, peninggalan merah putih bendera agung dan benda pusaka kota Batu adalah panji-panji kota Batu, pusaka desa Temas.

“Kelembagaan di Kelurahan akan dilanjutkan hari ini setelah karnaval tumpeng dengan prosesi tumpeng ider (lingkaran), yang akan kami berikan kepada masyarakat,” katanya.

Selain itu, RT, RW, pemangku kepentingan kota dan dunia usaha, pemangku kepentingan pariwisata dan seluruh elemen masyarakat terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Sebagian besar sudah berkontribusi dalam pelayanan tumpeng, dan kami bagikan ke seluruh warga Kota Batu yang terdiri dari 24 desa dan kelurahan,” ujarnya.

Selain itu juga kepada instansi vertikal, SKPD sesuai dengan jumlah tumpeng dikumpulkan dan dibagikan kepada seluruh warga Kota Batu.

Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso bersama Kepala Desa Temas Adi Santoso dan warga Temas, karnaval sumpengWakil Walikota Batu, Punjul Santoso bersama Kepala Desa Temas Adi Santoso dan warga Temas, karnaval sumpeng

“Termasuk lembaga-lembaga yang ada di desa, baik LPMK, Linmas, Gapoktan, Forum Anak, organisasi pemuda dan lembaga adat, RT, RW, semuanya terlibat dalam acara puncak ini,” ujarnya.

Sebelumnya, menurut Adi, ada kegiatan mulai dari longsor, rangkaian operasi bersih-bersih di setiap wilayah.

“Bersihkan sawah, sungai dan irigasi agar semuanya lancar, berharap sumber air yang mengalir membuat hasil lebih produktif, gemah ripah lohji nawi,” serunya.

Selain itu, menurut Adi, ia berjalan hilir mudik di kawasan Temas pada malam hari. Termasuk Malam Tirakatan di masing-masing RT dan RW yang menggelar hajatan di wilayahnya masing-masing.

“Sesi tradisional yang telah berkembang sejak lama. Jejak sejarah kemarin mengembara karena desa atau kelurahan ini tidak lepas dari perjuangan para leluhur,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan menelusuri kembali ke Punden Mbah Sarif di Dusun Gelonggong RW 7 kemudian dilanjutkan ke Punden Mbah Mas di Dusun Besul.
RW6.

“Selanjutnya ke Punden Sentono RW 4 Putuk dan ke Punden Mbah Butut Bener atau Mbah Harjo Suwito yang juga ada di RW 4.

“Tidak hanya itu, kita juga akan terus mengunjungi situs purbakala Reco Banteng atau lebih mengenal situs Mbah Bawuk di Temas,” pungkasnya. (gus)

Source: surabayapost.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button