SDN-164 Karangpawulang mengajarkan keterampilan literasi anak sejak dini dan menyelenggarakan wisata buku dan dongeng untuk siswanya - WisataHits
Jawa Barat

SDN-164 Karangpawulang mengajarkan keterampilan literasi anak sejak dini dan menyelenggarakan wisata buku dan dongeng untuk siswanya

DESKJABAR – Sebanyak 1000 siswa dari SDN-164 Karangpawulang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung memenuhi halaman sekolah pada Jumat, 7 Oktober 2022 pagi setelah menyaksikan kegiatan literasi “Wisata Buku” dan mendengarkan dongeng Kak Henny.

Menurut Kepala SDN-164 Karangpawulang, Drs Ade Sabarudin, kegiatan literasi dalam wisata buku yang diikuti siswa kelas 1 sampai 6 ini berlangsung sebagai bagian dari libur semester untuk mengenalkan anak membaca dan menulis sejak kecil Baca buku.

Kebiasaan membaca buku harus ditanamkan sejak dini hingga menjadi kebiasaan yang baik, dan kebiasaan ini nantinya menjadi sebuah keniscayaan.

“Gerakan literasi seperti membaca buku ini harus dimulai dari rumah, artinya kebiasaan membaca harus dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga, sedangkan peran sekolah sebagai motivator seperti sekarang ini,” kata Ade Sabarudin.

Baca Juga: 3 Destinasi Wisata Penyembuh Suci Gunung Gede Pangrango Cianjur Jawa Barat, Ada Spot Foto Instagramable

Menurut Ade, untuk menyemangati siswa, pihak sekolah sengaja menyediakan truk perpustakaan keliling dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kota Bandung. Ada sekitar 500 buku dengan cerita berbeda yang ditampilkan dalam kegiatan literasi tersebut.

Untuk memeriahkan acara Readhaton Wisata Buku, pihak sekolah juga menghadirkan seorang pendongeng nasional, Kak Henny Helmiati.

Sebuah cerita tentang ikan “Si Leungli” yang menyentuh hati dan membuat mata para pendengarnya berlinang air mata, sengaja dihadirkan untuk memotivasi para siswa untuk menceritakan kembali buku-buku yang telah mereka baca.

Di akhir acara, pendongeng Kak Henny membagikan buku cerita Si Leungli kepada pendengar dan siswa yang bisa menjawab pertanyaan yang diajukan.

Source: deskjabar.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button