Sawah ajaib Svarga Bumi menjadi wisata yang bermanfaat bagi masyarakat - WisataHits
Jawa Tengah

Sawah ajaib Svarga Bumi menjadi wisata yang bermanfaat bagi masyarakat

Sawah ajaib Svarga Bumi menjadi wisata yang bermanfaat bagi masyarakat

JAKARTA – Menjauh sejenak dari hiruk pikuk kota dan menikmati keindahan alam tentu menjadi keharusan. Misalnya, mengunjungi destinasi wisata alam sederhana yang bisa memberikan kesegaran dan ketenangan pikiran.

Salah satunya berada di Magelang, lebih tepatnya di desa Borobudur, kabupaten Borobudur, Jawa Tengah. Di desa ini, hamparan sawah telah disulap menjadi destinasi wisata panorama yang menawarkan keindahan suasana persawahan desa bernama Svarga Bumi.

Dilihat dari udara, sebagian pematang sawah di Svarga Bumi tampak simetris. Ada juga garis-garis serupa yang tidak sejajar tetapi saling terkait, seolah-olah keberadaan langit terestrial di tengah mewarnai untaian batas yang memisahkan “lempengan” sawah.

Konsep Svara Bumi menawarkan menu utama sebagai tempat yang bagus untuk berfoto. Hal ini disadari mengingat kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat untuk eksis di media sosial.

Svarga Bumi terletak di area persawahan yang memiliki luas sekitar 3 hektar. Selain itu, pengelola turut membantu membersihkan hutan seluas satu hektar yang juga digunakan sebagai tempat parkir.

Pengunjung akan mengalami cara unik di mana petani masih bisa bergerak saat bepergian. Karena pihak pengelola Svarga Bumi sepakat untuk melanjutkan kegiatan tersebut sebagaimana mestinya karena pertanian sudah menjadi mata pencaharian masyarakat.

Tentunya jika pengunjung datang saat musim panen, pengunjung bisa menyaksikan para petani yang sedang panen di sawah dan membawa karung beras yang nantinya akan menjadi beras.

Saat memasuki Svarga Bumi, pengunjung akan disambut oleh gapura kayu sebagai penanda. Saat masuk akan ada jalan setapak membelah persawahan dan membagi beberapa jalan penghubung di kiri dan kanannya hingga beberapa tampak berbelok ke samping dan menyambung satu sama lain.

Sebuah plaza dibangun di setiap ujung jalan bagi pengunjung untuk duduk dan bersantai menikmati suasana cerah di tengah sawah yang indah.

Di ujung jalan menuju Hutan Pohon Sengon yang indah, telah dibangun lantai kayu yang mampu menampung cukup banyak orang. Pengunjung bebas untuk mengambil foto daerah di waktu luang mereka. Ada juga beberapa ayunan dengan tali yang diikatkan pada pohon Sengon di dekatnya.

Terkadang cuaca di Svarga Earth membakar kulit di siang hari. Jangan khawatir, panas tak selalu menetap di tempat wisata ini.

Saat pagi cerah, pemandangan Gunung Merapi di sebelah timur dan Gunung Sumbing di sebelah utara terlihat begitu memukau. Bentang alam ini menyampaikan perasaan keindahan alam Jawa Tengah yang tak terbantahkan.

Destinasi wisata ini sengaja tidak membuka toko atau penginapan sendiri, semuanya diserahkan kepada administrasi masyarakat sekitar desa. Pengunjung dapat makan dan menginap di tempat yang disediakan oleh warga.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button