Satu Desa Satu Ikon, Joglo K-Noman Program Desa Berdaya Pemprov Jatim Diluncurkan 2022 – Berita Pasti - WisataHits
Jawa Timur

Satu Desa Satu Ikon, Joglo K-Noman Program Desa Berdaya Pemprov Jatim Diluncurkan 2022 – Berita Pasti

BOJONEGORO – Kantor Kecamatan Campurejo (Pemdes), Kec/Kab. Bojonegoro merupakan salah satu desa berstatus mandiri yang akan mendapatkan Program Desa Berdaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur pada tahun 2022.

Untuk meningkatkan program One Village One Icon yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemdes Campurejo kemudian mencanangkan dan meluncurkan Joglo K-Noman dalam rangka memperingati Hari Ibu, Kamis 22 Desember 2022, yang melalui festival makanan bergizi hingga mencegah stunting dan parade pendidikan anak.

K-Noman selama ini tumbuh menjadi ikon sekaligus unit usaha wisata kuliner dan wisata edukasi anak yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Wiraguna. Selain lokasinya yang ramah anak, K-Noman juga menawarkan tempat yang menghadap ke sawah sehingga terasa seperti kota desa.

Program Desa Berdaya dikenal sebagai penghargaan dan penghormatan dari Gubernur Jawa Timur berupa dana stimulus bagi desa untuk menunjukkan dan memperkuat status kemandiriannya.

Sehingga desa tersebut dapat menunjukkan penanda atau simbol kepada khalayak luas. Desa Berdaya memiliki amanat penting dalam membangun desa melalui perspektif pemberdayaan masyarakat, yang diharapkan dapat menumbuhkan inovasi yang mampu memajukan perekonomian desa berdasarkan potensi dan sumber daya yang dimiliki secara kreatif dan berkelanjutan.

Desa Berdaya juga harus mampu melahirkan simbol desa yang inovatif, mengoptimalkan penggunaan dana desa, menciptakan praktik keteladanan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mampu menjadi contoh bagi desa lainnya.

Wakil Bupati Bojonegoro berfoto bersama ibu-ibu di depan Joglo K-Noman, Kamis (22/12/22).

Launching program Desa Berdaya Provinsi Jawa Timur, wisata kuliner, pendidikan dan lingkungan “Joglo K-Noman” sebagai ikon desa Campurejo dihadiri perwakilan PT Pertamina EP Lapangan Sukowati, perwakilan DPMD Provinsi Jawa Timur Jawa dan Kabupaten Bojonegoro hadir , Wakil Bupati Bojonegoro, Kepala Desa dan Perangkat Desa, Anggota BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tenaga Ahli Pendampingan Masyarakat (TAPM), Pendamping Desa, Pendamping Desa di lapangan.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Edi Sampurno S.Sos selaku pengelola Desa Campurejo (Kades) menjelaskan bahwa K-Noman merupakan badan usaha wisata kuliner yang berdiri sejak tahun 2016 di atas tanah kas desa dan dikelola oleh BUMDesa Wiraguna. dikelola.

Dikatakan, melalui K-Noman, Pemerintah Desa Campurejo berharap dapat mengoptimalkan segala potensi yang ada di desanya guna meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian warga setempat.

“Tidak hanya terlibat dalam pekerjaan, tetapi masyarakat dapat berperan dan berkontribusi secara langsung dengan menunjukkan hasil usahanya. Bagi yang punya usaha jajanan artisanal, bahan bakunya pun bisa dipasarkan di sini,” ujarnya.

Lebih lanjut Kepala Desa Campurejo mengatakan, dukungan dana Desa Berdaya dari pemerintah provinsi pada tahun 2022 sebesar Rp 100 juta. Simbol desa kemudian dibuat dari ini. “Namun, dukungan anggaran tidak seluruhnya dikhususkan untuk pembangunan fisik, antara lain 60% untuk kegiatan pembangunan ikon di desa, kemudian 40% untuk pengembangan staf dan branding promosi.”

“Semoga program desa ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemajuan desa Campurejo,” harap Edi Sampurno.

Sementara itu, Wakil Bupati Bojonegoro, Drs. H. Budi Irawanto, M.Pd yang turut hadir menyampaikan apresiasinya terhadap program Desa Berdaya yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Karena program seperti ini memberi Anda kepercayaan diri dalam segala hal di komunitas.”

Desa Berdaya adalah pemberdayaan masyarakat secara langsung. Bahkan di Campurejo, hal ini bisa menjadi contoh bagaimana pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat dikelola di masyarakat sehingga memiliki peluang ekonomi.

“Dalam memperkenalkan pemerintahan desa, pemerintah desa Campurejo bisa memberikan segala hal yang berkaitan dengan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Hampir semua ibu-ibu RT berkesempatan menunjukkan prestasi kreatifnya di K-Noman,” pungkas Wakil Bupati Bojonegoro itu.

Peresmian dan peresmian dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Bojonegoro Drs. H. Budi Irawanto, M.Pd dengan menggunting pita dan memecahkan kendi. (merah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button