Sasaran lansia dan miskin mandiri SARA • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Sasaran lansia dan miskin mandiri SARA • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Kekompakan dan berbagi tur telah lama dipraktikkan oleh Komunitas Motor Touring, yang menyebut dirinya sebagai “Stather than Ngemis Bali” (KNB). Kemarin (25/12) komunitas ini mengincar Padukuhan Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman.

MEITIKA CANDRA LANTIVA, Sleman, Radar Jogja

Suara sepeda motor berkeliaran di Sedan Padukuhan. Mereka mengendarai kendaraan Nmax dan mengenakan baju merah dan jaket tebal. Kemudian puluhan mesin berhenti. Meski hujan, mereka mendatangi rumah warga.
“Kami menyisihkan sebagian harta kami untuk warga kurang mampu Padukuhan Sedan,” kata Ari SS, Wakil Ketua Umum Komunitas KNB kemarin (25/12) di lokasi.

Ya, dalam momentum Nataru ini, mereka sepakat dalam hal pembagian sembako. Kelompok sasaran utama adalah orang yang lebih tua dan kurang beruntung. Paket sembako dibagikan tanpa membedakan suku, agama, ras atau antargolongan (SARA).
Meski tidak banyak, Ari berharap kegiatan positif ini bisa membawa manfaat. Juga mengajak berbagai pihak untuk tidak asal-asalan dalam berbagi. “Karena berbagi itu menyenangkan,” katanya.

Dikatakannya, aksi ini tidak hanya mendapatkan momentum yang besar, namun dilakukan secara rutin setiap bulan. Sudah ada sejak 2017. Kunjungi rumah orang yang membutuhkan. Anggota dapat menjadi perpanjangan dari komunitas. Buat daftar setiap area. Termasuk dalam sedan ini. Salah satu anggotanya berasal dari Padukuhan Sedan. Dan keterlibatan aktor lokal.
Meski demikian tidak dipungkiri bahwa agenda tour juga merupakan bagian dari tour sekaligus ajang untuk memupuk silaturahmi antar member. Mereka tidak hanya ingin bepergian. Tapi juga berbagi.

Beberapa waktu lalu, telah diperkenalkan pembagian 100 paket sembako di dusun-dusun terluar di Kabupaten Pacitan. Selain itu, bantuan semen juga diperkenalkan bagi warga yang kondisi rumahnya memprihatinkan.
“Grup kami beranggotakan 150 orang. Tersebar di DIJ-Jawa Tengah,” kata Ari. Jawa Tengah, dari Temanggung hingga Purworejo.

Aksi tersebut mendapat sambutan positif dari warga setempat. Dukuh Sedan Miyarno mendukung berbagai kegiatan sosial yang dijalankan oleh komunitas touring sepeda motor “KNB” di Jogjakarta. Konon, ini kali pertama komunitas touring KNB menyerbu sedan Padukuhan.

Menurutnya, pasokan bahan pokok ini meski sedikit bisa meringankan warga. “Semoga silaturahmi ini terus berlanjut dan jaya dengan berbagai kegiatan sosial,” doanya.

Sementara itu, salah satu warga penerima paket sembako, Ibu Sutar, terharu dan mengucapkan terima kasih atas bantuan paket sembako yang diberikan. Ia juga berdoa agar kenyamanan selalu diberikan kepada semua anggota. “Alhamdulillah, semoga masyarakat selalu mendapat rezeki dan perlindungan Tuhan,” kata Sutar yang akrab disapa Bu Kidal ini. (malas)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button