Sangat kecil! Kota terkecil di Pulau Jawa ternyata berada di Jawa Timur - WisataHits
Jawa Tengah

Sangat kecil! Kota terkecil di Pulau Jawa ternyata berada di Jawa Timur

Sangat kecil!  Kota terkecil di Pulau Jawa ternyata berada di Jawa Timur

SurabayaNetwork.id – Pulau Jawa merupakan pulau terpadat di Indonesia dan terbagi menjadi 4 provinsi yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur serta Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta dan Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta.

Dengan 119 kabupaten dan kota yang terbagi menjadi 85 kabupaten dan 34 kota, Pulau Jawa ternyata menyandang predikat kota terkecil di Pulau Jawa. kota mana ini?

Kota mojokerto di provinsi jawa timur merupakan kota yang mendapat predikat kota terkecil di pulau jawa, kok tidak sampai setengah luas kota probolinggo di jawa timur dengan luas 56,7 km2 menempati .

Menurut data jatim.bpk.go.id, Kota Mojokerto secara geografis terletak antara 7°33′ Lintang Selatan dan 122°28′ Bujur Timur. Kota Mojokerto memiliki luas 16,47 km².

Hal ini menjadikan kota Mojokerto sebagai kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Timur, bahkan di Indonesia. Dengan luas tersebut, Kota Mojokerto terbagi menjadi tiga kecamatan dengan batas wilayah sebagai berikut:

– Sebelah Utara : Sungai Brantas

– Sebelah Timur : Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto

– Selatan : Kecamatan Sooko dan Puri Kabupaten Mojokerto

– Sebelah Barat : Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto

Menurut sejarah, pada masa Revolusi antara tahun 1945 dan 1950, Kota Mojokerto menjadi bagian dari Kabupaten Mojokerto dan dipimpin oleh seorang Wakil Walikota selain Panitia Nasional Daerah.

Daerah Kota Otonom Mojokerto baru berdiri pada tanggal 14 Agustus 1950 berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1950, yang kemudian berubah status menjadi Kota Praja berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1957.

Setelah keluarnya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1965, status kawasan ini berubah kembali menjadi Kotamadya Mojokerto.***

Dapatkan update berita pilihan, berita terbaru dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari. Ayo gabung channel Telegram Surabaya Network dengan cara klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button