Sandiaga Uno sebut IWTCF di bagian solo MSME Life - WisataHits
Jawa Tengah

Sandiaga Uno sebut IWTCF di bagian solo MSME Life

saluran BEI – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan kehadiran 24 industri UMKM berkonsep wellness village dan lebih dari 30 industri non-UMKM pada International Wellness Tourism Conference & Festival 2022 (IWTCF) di Kota Solo, Jawa Tengah dapat menjadi bagian dari kehidupan kota.

Sandiaga Uno menilai IWTCF harus diadakan di Kota Solo karena sejalan dengan Kota Solo sebagai “Solo Wellness City: The City of Java Wellness” yang didirikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

“Kalau bicara wellness, Solo sangat cocok karena konsepnya holistik, sehingga fitness bisa menjadi bagian dari kehidupan kota. Bahkan, dengan konsep ‘Solo Wellness City: The City of Java Wellness’ kami meluncurkan IWTCF 2022 yang menjadi tren yang tak terbendung saat ini di masa pandemi. Itu banyak orang yang ingin menjadi lebih baik dan lebih bugar,” katanya dalam konferensi pers mingguan virtual, Senin 25 Juli 2022.

Sandiaga mengatakan IWTCF 2022 merupakan inisiatif Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, Indonesia Wellness Institute (IWI) dan Pemerintah Kota Surakarta.

Bertajuk “Strategi Keberlanjutan untuk Pemulihan dan Pertumbuhan Pariwisata Dunia melalui Wellness Tourism for All”, acara internasional ini bertujuan untuk mempromosikan Indonesia sebagai tujuan wisata kesehatan dan produsen produk kesehatan. Serta mendukung salah satu sektor prioritas G20, yaitu penguatan arsitektur kesehatan global.

Pada acara tersebut, hingga 24 industri UMKM dan lebih dari 30 industri non-UMKM yang berpartisipasi dalam acara internasional ini akan memamerkan produk kesehatan dari 8 kategori ekonomi kesehatan termasuk makan sehat, nutrisi dan penurunan berat badan; Aktivitas fisik; Makan Sehat, Diet dan Penurunan Berat Badan; pariwisata kesehatan; Pengobatan Tradisional & Pelengkap; Kesehatan Masyarakat, Pencegahan dan Pengobatan Pribadi; real estat kesehatan; dan kesehatan mental.

Sementara itu, Rizki Handayani, Deputi Bidang Produk Pariwisata dan Event Organizer Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, menambahkan IWTCF 2022 juga akan menghadirkan wellness experience tour yang meliputi 9 paket wisata satu hari di Solo Raya, Yogyakarta dan Bali, 6 paket over Night Trip tujuan dari Jawa Tengah ke Bali.

Wellness experience journey ini mengacu pada pola perjalanan kebugaran “A Journey for a Healthy Life” yang disusun dan diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif pada tahun 2020.

“Sesuatu yang menarik karena ditawarkan juga untuk tamasya, yaitu perjalanan kesehatan baik ke Jawa Tengah maupun Bali, dan itu juga ditawarkan dan pengalaman karena disatukan dari makanan, perjalanan, kegiatan, jadi sangat menarik, jadi kegiatannya antara lain workshop makan sehat, workshop yoga, banyak produk wellness dari UKM, kita akan ada wellness village,” kata Rizki.

Rizki berharap dengan menjadi tuan rumah IWTCF 2022, Indonesia dapat dikenalkan dengan wellness tourism di kalangan wisatawan mancanegara.

“Kami berharap setelah itu semakin dikenal dan semakin banyak wisatawan yang datang ke Indonesia untuk mencoba pengalaman wellness tourism di Indonesia,” ujarnya.

(NDA)

Source: www.idxchannel.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button