Sandiaga Uno dorong pemangku kepentingan pariwisata di Banyuwangi Songsong 2023 - WisataHits
Jawa Timur

Sandiaga Uno dorong pemangku kepentingan pariwisata di Banyuwangi Songsong 2023

Liputan6.com, Banyuwangi Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Salahudin Uno kembali melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi kemarin (29 Desember 2022). Di Pendopo Sabha Swagata Blambangan ia bertemu dengan para pelaku pariwisata dan industri kreatif. Sandi mendorong mereka untuk bertemu dengan optimis tahun depan.

“Saya ingin menyiapkan para pelaku industri kreatif dan pariwisata di Banyuwangi optimis menyongsong tahun 2023 yang penuh peluang,” kata Menparekraf.

Ini, tambah Sandi, bukan sekadar mimpi. Namun, semua mengacu pada data pertumbuhan sektor pariwisata. Pada tahun 2022, pergerakan kunjungan wisatawan berkisar antara 750 hingga 800 juta. Begitu juga dengan kunjungan wisatawan mancanegara yang mencapai 3,6 juta. “Tahun depan kita optimistis, kita perkirakan bisa mencapai 5,2 juta,” harapnya.

Untuk itu, lanjut Sandi, potensi tersebut harus disambut dengan antusias oleh para pelaku pariwisata dan industri kreatif. “Harapan kami tahun 2022 akan ada 1,1 juta lapangan kerja baru di bidang pariwisata dan industri kreatif. Namun, pada bulan Desember, 3,7 juta pekerjaan telah tercipta. Itu optimisme untuk tahun depan,” kata Sandi.

Menurut Sandi, Banyuwangi yang memiliki potensi wisata beragam dan ekonomi kreatif perlu dioptimalkan.

“Kita perlu strategi khusus untuk mengoptimalkan potensi. Seperti halnya wisata desa yang semakin meningkat, wisata kesehatan dan wisata budaya, termasuk kuliner. Semua itu ada di Banyuwangi,” jelasnya.

“Saya optimistis Banyuwangi bagus upaya peningkatan sektor pariwisata. Ada pantai yang dikelilingi pegunungan dan taman nasional. Bandaranya juga keren,” kata Sandi.

Dalam kunjungan singkatnya, Sandi juga sempat melihat destinasi wisata Bawah Air Bangsring. Menurutnya, wisata berbasis konservasi laut menjadi tolak ukur pengelolaan wisata yang baik.

“Kami bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi. Begitu juga dengan lamanya tinggal. Jadi benar-benar berdampak pada masyarakat,” kata Sandi.

Soal lumpuhnya pariwisata di Labuan Bajo akibat aksi mogok para tour operator, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno angkat bicara. Sandi mengimbau pemangku kepentingan pariwisata untuk mundur, mengutamakan dialog dan mencari solusi terbaik.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button