Sandiaga Uno: APG 2022 di solo tingkatkan ekonomi - WisataHits
Jawa Tengah

Sandiaga Uno: APG 2022 di solo tingkatkan ekonomi

Harianjogja.com, SOLO — Ajang ASEAN Para Games atau APG 2022 di Kota Solo diharapkan menjadi pengungkit untuk merevitalisasi industri pariwisata dan industri kreatif di tanah air. Ini adalah bagian dari wisata olahraga yang menggabungkan kegiatan olahraga dengan pariwisata.

Torch Relay atau Parade Obor APG 2022 digelar bersamaan dengan Car Free Day (CFD) yang juga menjadi salah satu pendongkrak perekonomian Kota Bengawan pada Minggu (24/7/2022) Jl Slamet Riyadi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh mantan atlet, atlet dan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Solo. Mereka didampingi beberapa kelompok seniman yang menampilkan tarian daerah di depan Stadion Sriwedari.

Rombongan pembawa obor APG 2022 dan unsur Forkopimda di sepanjang Jl Slamet Riyadi Solo mulai pukul 06.00 WIB. Rombongan kemudian memasuki Stadion Sriwedari untuk menyaksikan putaran kemenangan beberapa atlet di sekitar stadion.

Acara tersebut juga dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Sandiaga menyerahkan obor kepada Ketua Panitia Paralimpiade Bangsa Indonesia (NPC) Senny Marbun. Obor estafet kemudian dilanjutkan ke Balai Kota Solo.

“APG 2022 merupakan bagian dari sport tourism yang diharapkan berdampak pada perekonomian dan industri pariwisata. Ini merupakan ajang internasional yang diikuti oleh para atlet dari negara-negara Asia Tenggara. Wisata olahraga kita akan dimulai Maret dengan MotoGP di Sirkuit Mandalika,” kata Sandiaga Uno saat disambut wartawan, Minggu.
1.800 atlet

Pria berkacamata itu mengatakan 1.800 atlet dari luar negeri hadir di ajang APG 2022 di Solo. Anda akan menginap di hotel-hotel yang tersebar di seluruh kota Bengawan selama seminggu.

Hal ini berdampak positif pada sektor penunjang pariwisata seperti hotel, restoran dan berbagai produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Oleh karena itu, event internasional tersebut diharapkan dapat mendongkrak dan menstimulus perekonomian.

“Jadi bukan hanya aspek olah raga saja yang meningkat, tapi juga industri penunjang industri pariwisata dan industri kreatif. Pak Presiden telah memberi saya tugas [Joko Widodo] untuk memastikan acara APG 2022 sukses dan berdampak positif bagi negara,” ujarnya.

Selain itu, Sandiaga Uno menambah semangat kontingen Indonesia untuk mengukir Solo Gold Ink di ajang APG 2022. Ia sangat berharap kontingen Indonesia bisa meraih medali emas terbanyak dan dinobatkan sebagai juara umum.

Sementara itu, Ketua Indonesia Asean Paragames Organizing Committee (INAPOC) dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, masyarakat Kota Solo sangat antusias menyambut acara APG 2022.

Hal ini terlihat saat kegiatan Torch Relay di bagian CFD Solo. Mereka melihat rombongan pembawa obor Puwosari di depan Balai Kota Solo. “Antusias masyarakat cukup besar. Acara ini juga didukung oleh masyarakat Solo dan sekitarnya,” ujarnya.

Source: news.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button