Sandiaga: Pariwisata spontan akan meningkat 14 persen pada 2022, itu tren pariwisata - WisataHits
Jawa Tengah

Sandiaga: Pariwisata spontan akan meningkat 14 persen pada 2022, itu tren pariwisata

Sandiaga: Pariwisata spontan akan meningkat 14 persen pada 2022, itu tren pariwisata

Lebih dari 2,4 juta pemesanan dilakukan sehari sebelum trip baru dipesan atau bahkan di hari trip baru dipesan

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno mengatakan wisata spontanitas merupakan tren wisata yang akan meningkat 14 persen pada 2022.

“Lebih dari 2,4 juta pesanan yang didaftarkan sehari sebelum trip yang baru dia pesan, atau bahkan hari trip yang baru dia pesan,” kata Sandi dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang terbit Senin di Jakarta dipantau secara online.

Ia juga mengatakan, utamanya destinasi wisata dadakan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 masih dikuasai Bali, kemudian destinasi lainnya Bandung, Jogja, Jakarta, Semarang juga menjadi destinasi unggulan.

Tren swawisata diperkirakan akan semakin cepat mencapai 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara dengan nilai kontribusi PDB pariwisata melebihi 4 persen pada tahun 2023.

Selain itu, Sandiaga mengungkapkan, wisata spontanitas meningkat karena adanya relaksasi aturan PPKM sehingga memungkinkan wisatawan leluasa bergerak, terutama saat berwisata.

Sementara itu, untuk mendorong kemajuan pariwisata dan industri kreatif, pihaknya menggenjot kegiatan promosi mulai dari wisata edukasi, travel fair hingga wisata keluarga terpadu dengan menjadikan desa wisata menjadi destinasi wisata spontanitas.

Ia juga berharap wisatawan bisa menjadikan desa wisata yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia menjadi destinasi wisata dadakan.

Kecenderungan melakukan perjalanan wisata spontanitas secara kuantitatif berkontribusi besar dalam mendorong pergerakan wisatawan nusantara. Karena itu, Sandiaga mengimbau untuk memperbanyak ketersediaan slot transportasi seperti pesawat dan kereta api.

Untuk itu, Kemenparekraf akan terus berkoordinasi dengan Kemenhub dan berbagai pihak untuk memastikan ketersediaan kursi domestik dan internasional serta kapasitas angkutan darat (kereta api, bus) dan laut.

Reporter: Sinta Ambarwati
Penerbit : Ahmad Wijaya
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button