Sandiaga: Kabar baiknya, tiket pesawat turun 15%, jadi angin segar untuk pariwisata - WisataHits
Yogyakarta

Sandiaga: Kabar baiknya, tiket pesawat turun 15%, jadi angin segar untuk pariwisata

Harianjogja.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bereaksi positif terhadap penurunan harga tiket pesawat hingga 15 persen. Hal ini dipandang sebagai angin segar bagi industri pariwisata.

“Kabar baik, berkat doa dan kerja sama semua pihak, harga tiket pesawat turun 15 persen, membawa angin segar bagi industri pariwisata. Upaya Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, serta pemangku kepentingan terkait harus kita hormati,” kata Sandiaga, seperti dikutip Selasa (30/8/2022).

Menurut Sandiaga, maskapai-maskapai dengan cepat mengembangkan armadanya, mulai dari Garuda Indonesia, Citilink, dan Lion Group. Selain itu, AirAsia dan beberapa maskapai luar negeri juga turut mendukung perluasan armada tersebut, sehingga harga tiket pesawat diharapkan lebih murah, terutama pada saat memasuki peak travel season di akhir tahun.

“Kami akan mendorong penambahan rute penerbangan baru,” katanya.

Baca Juga: Viral Eksperimen Sosial Gadis Diminta Tutup Aurat di Malioboro, Begini Tanggapan Pemda DIY

Sandiaga menilai kenaikan harga tiket pesawat dalam jangka panjang berpotensi menurunkan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga menyampaikan bahwa pihaknya sedang mengerjakan administrasi satu instansi untuk pengelolaan destinasi wisata prioritas dalam Undang-Undang Kepariwisataan agar tidak ada koordinasi yang akan menimbulkan distorsi di masyarakat.

“Kami sedang berkoordinasi dengan pihak terkait agar undang-undang ini segera difinalisasi dan disahkan. Ini harus meminimalkan potensi konflik dan memfasilitasi desain pariwisata berkelanjutan. Juga memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dengan tetap menjaga kelestariannya,” kata Sandiaga, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan harga tiket pesawat bisa turun 15% pada hari-hari non-weekend.

Budi Karya mengatakan, saat ini sejumlah maskapai sedang mempromosikan tiket pesawat agar harga tiket off-peak bisa lebih murah.

Menhub mengatakan Garuda Indonesia dan Lion Air juga sudah mulai beroperasi. Hal ini meningkatkan minat masyarakat untuk naik pesawat pada hari kerja.

Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan peningkatan okupansi pesawat pada weekday juga dapat meningkatkan pendapatan maskapai.

“Saya pikir harga tiket pesawat bisa turun sekitar 15 persen di luar jam sibuk. Biasanya Senin sampai Kamis, siang hari,” katanya.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button