Sandiaga imbau pelaku Parekraf untuk berhemat di tengah kenaikan harga BBM - WisataHits
Jawa Timur

Sandiaga imbau pelaku Parekraf untuk berhemat di tengah kenaikan harga BBM

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif, berpesan kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) untuk fokus mengelola pengeluaran dan pengeluaran biaya untuk memitigasi kenaikan kebutuhan hidup akibat inflasi dan kenaikan harga BBM bersubsidi.

“Ini tentang menabung,” katanya seperti dikutip The Weekly Brief bersama Sandi Uno yang dipantau secara virtual di Jakarta. Diantara, Senin (9/5/2022).

Selain hemat, Sandi juga menyarankan diversifikasi produk kreatif dan imajinatif sehingga memiliki potensi harga yang lebih terjangkau dan pasokan yang andal. Upaya lain yang dapat dilakukan adalah memperkuat pengelolaan arus kas secara bijak.

“Banyak yang mengatakan bahwa uang tunai adalah raja akhir-akhir ini, dan itu tentu mendorong pengusaha untuk memprioritaskan pengeluaran yang benar-benar penting,” tambahnya.

Dikatakan, pihaknya cermat menghitung dampak kenaikan harga BBM per hari, mengingat pelaku industri kreatif akan terpukul karena harga produk kreatif dan kreatif bisa naik akibat kenaikan harga pasokan utama produk tersebut. Dia memprediksi kenaikan harga BBM akan menaikkan harga produk kreatif dan imajinatif sekitar 10 hingga 20 persen.

Dalam rangka meningkatkan biaya transportasi menuju destinasi wisata yang dapat diakses melalui jalur darat dan laut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan mengajukan kepada Kementerian Keuangan untuk bantuan sosial bagi pelaku pariwisata kreatif, khususnya bagi masyarakat rentan berpenghasilan di bawah Rp. 3 juta jika diperlukan.

“Kami berkomitmen untuk terus hadir dengan segala kekuatan dan upaya kami, bahkan di tengah kesedihan, tetapi kami percaya untuk melindungi teman-teman kami yang rentan dan membantu yang lemah,” katanya. (semut/merah/ipg )

Source: www.suarasurabaya.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button