Sandiaga ajak Perbarindo dan lembaga keuangan untuk berkolaborasi - WisataHits
Yogyakarta

Sandiaga ajak Perbarindo dan lembaga keuangan untuk berkolaborasi

JAKARTA, investor.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno mengajak Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) dan seluruh pemangku kepentingan dari lembaga keuangan dan perbankan untuk meningkatkan layanan perbankan digital, pemasaran online dan program CSR desa wisata bekerja sama konsep saling menguntungkan melalui kemitraan dan penyaluran.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga dalam Rapat Nasional Musyawarah Nasional XI Perbarindo dengan materi “Memperkuat peran BPR – BPRS sebagai mitra UMKM untuk pemulihan dan kebangkitan ekonomi nasional‘ yang terjadi di Yogyakarta.

“Kami juga ingin mengumpulkan kapasitas tekfin [teknologi keuangan] yang juga akan masuk dalam ekosistem ekonomi digital dengan memperhatikan industri kreatif dalam skala yang lebih besar dan waktu yang lebih cepat, tetap dengan prinsip kehati-hatian,” ujarnya, Minggu (23/10).

Sandiaga mengatakan, ini merupakan dorongan bagi pemulihan pariwisata dan industri kreatif Indonesia yang naik 12 posisi di atas Malaysia dan Vietnam. Sektor pariwisata tumbuh dan menciptakan 400.000 pekerjaan, sedangkan industri kreatif memiliki 700.000 pekerjaan, sehingga total 1,1 juta pekerjaan di sektor pariwisata dan industri kreatif (Parekraf) tahun ini. Target industri pariwisata dan kreatif adalah mampu menciptakan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024.

Menurut dia, sektor pariwisata Indonesia naik 12 peringkat, sedangkan industri kreatif masuk 3 besar dunia dalam kontribusinya terhadap PDB (produk domestik bruto) sebesar 7,5%. “Ini adalah kegembiraan bagi kita semua, yang hanya ditinggalkan oleh AS [Amerika Serikat] yang memiliki Hollywood dan Musik Country, Korea Selatan dengan K-Pop dan Drakor [drama korea]. Kami berada di Drahor [drama horor] dan dakop [dangdut koplo]. Kami telah mencapai 3 besar di dunia. Ini sinyal kebangkitan industri kreatif.”

Menurutnya, Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor ekonomi kreatif disalurkan kepada 3,4 juta pelaku usaha dari total 40 juta pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia pada tahun 2021 dengan total nilai Rp 129 triliun. Sementara itu, penyaluran KUR di sektor ini telah mencapai 835.000 pelaku usaha dengan nilai Rp 37,5 triliun hingga triwulan I 2022.

“Kita butuh dukungan dari teman-teman Perbarindo karena masih banyak UMKM yang belum terkena kredit usaha,” ujarnya.

Ia berharap Lokakarya Nasional Perbarindo dapat membuka peluang kerjasama dengan inovasi dan adaptasi, yaitu semangat 3G: gercep (bergerak cepat), geber (bergerak bersama) dan gaspol (menggunakan semua potensi online). “Kami, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, telah membuat program yang tepat sasaran, memiliki manfaat yang tepat dan akan memasuki tatanan ekonomi baru yang sepenuhnya digital pada waktu yang tepat.”

Menurutnya, tantangan ke depan masih cukup besar, dengan target terciptanya 1,1 juta lapangan kerja di sektor pariwisata pada 2022 dan hingga 4,4 juta lapangan kerja pada 2024. Cita-cita tersebut harus diwujudkan bersama. “Dari segi pendanaan, kami mengharapkan dukungan dari Perbarindo. Presiden meninggalkan pesan bahwa ekonomi tahun ini sulit karena inflasi tahun depan [proyeksi ekonomi] gelap karena potensi resesi, tapi saya yakin jika kita fokus pada UMKM, UMKM akan menjadi obor cahaya dari gelap ke terang.”

Kontak lainnya di Majelis Nasional XI. Musyawarah Nasional Perbarindo adalah Staf Khusus Presiden Arif Budimanta Bidang Perekonomian; Rulli Nuryanto, Unit Pakar Ekonomi Makro, Kementerian Koperasi dan UKM; Muhamad Yusron, Direktur Kelompok Likuidasi Bank, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS); Prof. Nunung Nuryartono, Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor, dan Ekonom Aviliani.

Di XI. Pada Munas 2022, Tedy Alamsyah terpilih secara aklamasi sebagai Presiden Umum Perbarindo periode 2022-2026 menggantikan Joko Suyanto. Tedy yang sebelumnya menjabat Wakil Presiden Jenderal periode 2018-2022, akan bergabung dengan Riwandari Juniasti sebagai Wakil Presiden Jenderal dan Sekretaris Jenderal Ascar Setiyono.

Penerbit: Euis Rita Hartati ([email protected])

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button