Sama halnya dengan Penglipuran, kawasan ini berpotensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata - WisataHits
Jawa Barat

Sama halnya dengan Penglipuran, kawasan ini berpotensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata

Suasana di Banjar Cekeng, Desa Susut, Bangli. (BP/Khusus)

BANGLI, BALIPOST.com – Rumah-rumah dengan arsitektur identik berjejer rapi. Sepintas, deretan rumah identik di kawasan ini mirip dengan Desa Wisata Penglipuran, Bangli yang sudah mendunia.

Lokasi kawasan ini juga berada di Bangli. Namun deretan rumah ini terletak di Banjar Cekeng, Desa Sulahan, Susut.

Dilihat dari pemandangannya, Cekeng berpotensi menjadi tujuan wisata. Selain suasana dan arsitektur rumah yang menyerupai Penglipuran, Cekeng juga memiliki beberapa peluang wisata alam yang menarik, salah satunya air terjun.

Menurut Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Cekeng sangat mungkin dikembangkan sebagai objek wisata pendukung Penglipuran. “Kalau dilihat tata letaknya, arsitektur Cekeng mirip dengan Penglipuran. Tapi potensinya berbeda. Di sana lebih ke tipe penginapan seperti glamping,” ujarnya, Jumat (12/9).

Selama ini potensi wisata Cekeng belum dikelola dan dikembangkan. “Wisatawan yang ke sana hanya 1-2 orang. pergi jalan-jalan sendirian tidak terawat, tidak terawat (dirawat, red),” ujar Sedana Arta.

Menurut Sedana Arta, Pemkab akan mengoptimalkan potensi Cekeng. Sehingga nantinya menjadi objek wisata yang menjadi satu kesatuan dengan Penglipuran. apalagi jarak antara Cekeng dan Penglipuran pendek. Hanya dipisahkan oleh sungai.

Terungkap pula Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil belum lama ini mengunjungi Cekeng. Ridwan Kamil tertarik dengan potensi yang dimiliki Cekeng.

Ada rencana investor untuk berpartisipasi dalam pengembangan Cekeng. “Gambar konsepnya sudah ada. Tunggu saja keseriusan investor. Anggota subak setuju,” kata Sedana Arta.

Lebih lanjut dia mengatakan, pola investasi tersebut tidak akan murni investor. Melainkan kerjasama antara pemilik properti dan investor. (Dayu Swasrina/Balipos)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button