Sahabat, simak 5 destinasi wisata paling hits di Dieng - WisataHits
Jawa Tengah

Sahabat, simak 5 destinasi wisata paling hits di Dieng

TAGAR.id, Jakarta – Dataran Tinggi Dieng yang terletak di Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat liburan.

Suasana asri yang dikelilingi pegunungan dan perbukitan menambah kenikmatan berlibur di tempat yang satu ini. Secara administratif, Dataran Tinggi Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo (Dieng Wetan) dan Banjarnegara (Dieng Kulon).

Daerah ini berada ±2.000 meter di atas permukaan laut dan dihimpit oleh 4 gunung, udaranya cukup dingin. Selama musim kemarau, suhu berkisar antara 15 °C dan 10 °C pada siang hari dan antara 5 °C hingga 10 °C pada malam hari.

Jika ingin melihat hujan es secara langsung, Anda bisa mengunjunginya pada bulan Juli-Agustus karena saat itu Dieng sedang mengalami musim kemarau, sehingga suhu di sana bisa mencapai 0°C dan biasanya keadaan ini disebut “Bun Upas”.

Tempat ini sangat cocok bagi Anda pecinta alam karena banyak sekali tempat wisata alam yang bisa dikunjungi di Dieng, tentunya dengan harga yang ramah kantong. Berkunjung bersama keluarga, teman kantor atau pasangan, alangkah baiknya jika memilih beberapa paket wisata yang tentunya lebih hemat.

Tempat wisata di Dieng antara lain:

1. Area candi

Tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya yang indah, Dataran Tinggi Dieng juga menawarkan wisata sejarah berupa candi. Candi-candi ini merupakan peninggalan sejarah agama Hindu. Di kompleks candi, wisatawan juga disuguhkan dengan area berumput hijau yang ditumbuhi berbagai tanaman berbunga warna-warni.

2. Gunung Prau

Gunung Prau adalah objek pendakian yang terkenal di Dataran Tinggi Dieng. Puncak Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut.

Puncak Prau Meski tidak terlalu tinggi, pesona Puncak Prau cukup menjadi daya tarik yang menawan karena menawarkan pemandangan puncak Sindoro Sumbing yang bisa kita saksikan dengan indah seperti lukisan. Bahkan sebuah merek minuman mineral membuat pemandangan itu terbungkus dalam kemasan plastiknya.

3. Kawah Sikidang

Kawah ini merupakan kawah gunung berapi dengan lubang kawah yang berada pada bidang datar sehingga kawah ini memiliki luas sekitar 200m2 dan berada di permukaan tanah sehingga dapat terlihat langsung dari bibir kawah. Kawah Sikidang adalah kawah aktif terbesar di Dataran Tinggi Dieng.

Hingga saat ini, kawah Sikidang masih aktif mengeluarkan uap panas, sehingga air kawah mendidih dan bergolak. Bau khas gunung berapi, kepulan asap putih selalu menghiasi penampilan kawah ini. Uap panas disertai semburan air abu-abu yang mendidih sepertinya selalu bergerak dan melompat menjauh seperti rusa.

Di sepanjang Kawah Sikidang, Anda juga akan dimanjakan dengan keberadaan pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai pernak-pernik, cinderamata dan jajanan tradisional yang sudah pasti langka saat ini terutama di perkotaan.

4. Desa Sembungan

Bagi yang belum tahu, desa Sembungan merupakan desa tertinggi di pulau Jawa. Desa ini berada pada ketinggian 2.260 meter di atas permukaan laut dengan jumlah penduduk sekitar 1.300 jiwa. Jika Anda ingin mengunjungi desa ini, tidak perlu khawatir atau takut karena masyarakat desa Sembungan dikenal dengan keramahannya. Masyarakat desa ini juga sudah terbiasa berkomunikasi dengan wisatawan.

5. Danau warna

Telaga Varna terkenal di kalangan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Danau ini memiliki air yang berwarna-warni yang disebabkan oleh mineral yang dikandungnya. Organisme yang dikandungnya berpadu dengan sinar matahari yang menerpa danau dan kemudian dipantulkan, memberikan efek warna-warni.[]

Baca juga:

Source: www.tagar.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button