Safari Ganjar Pranowo di empat provinsi minggu lalu - WisataHits
Jawa Tengah

Safari Ganjar Pranowo di empat provinsi minggu lalu

TEMPO.CO, jakarta – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi empat provinsi dalam sepekan terakhir. Sejak Kamis 6 Oktober 2022, Ganjar telah mengunjungi provinsi Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Selatan.

Pada hari ketujuh kunjungannya, Ganjar mengunjungi kediaman Tuan Guru Syaifuddin Zuhri di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Rabu 12 Oktober 2022. Di sana Ganjar dimanjakan dengan Gogodoh, makanan khas setempat.

Ganjar mengaku banyak membicarakan banyak hal dengan tuan rumah selama kunjungannya. “Banyak cerita yang sifatnya kocak, sehingga memberikan nilai keren dalam pergaulan sosial dan keagamaan serta memiliki sejarah yang sangat panjang,” ujarnya dalam keterangan tertulis kemarin.

Sehari sebelumnya, Ganjar menghadiri pembukaan musabaqah tilawatil quran atau MTQ di Kalimantan Selatan. Ia juga berziarah ke makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

Daerah pertama yang ia kunjungi dalam rangkaian safarinya adalah Bali. Politisi PDIP itu menghadiri Business Matching Tahap IV di Nusa Dua Bali pada Kamis, 6 Oktober 2022. Acara tersebut juga dihadiri sejumlah menteri kabinet kerja dan gubernur dari berbagai daerah di Indonesia.

Di Pulau Dewata, beliau juga mengunjungi Pura Puputan Margarana, Kompleks Taman Nasional Pujaan Margarana di Tabanan pada Jumat 7 Oktober 2022. Ganjar berziarah ke tempat wafatnya pahlawan nasional I. Gusti Ngurah Rai beserta ribuan pasukannya selama Perang Boneka.

Menurutnya, dalam Perang Wayang juga ada warga Jawa Tengah yang juga ikut berperang dengan Belanda. “Ternyata ada cerita tentang Pak Wagimin yang berasal dari Jenar Kutoarjo, Jawa Tengah. Ini tetangga desa saya di Purworejo,” kata Ganjar.

Kamudian Ganjar tiba di Desa Wisata Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar pada Sabtu 8 Oktober 2022. Di sana ia membantu memahat tebing-tebing di Sungai Beji Sudamala yang sudah dipenuhi relief.

Pada hari yang sama, Ganjar berangkat ke Makassar, Sulawesi Selatan. Ia kemudian mengunjungi kediaman Habib Syekh Abdul Rahim Puang Mekah. Ganjar mengaku sudah lama mengenal Habib Puang Makka.

Pada Minggu 9 Oktober 2022, Ganjar mengikuti Friendship Run Bank Jateng di Makassar. Acara tersebut merupakan acara lari 5K sebagai bagian dari pemanasan jelang Borobudur Marathon 2022 pada bulan November.

Di Makassar, Ganjar bertemu mantan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Keduanya menjadi pembicara dalam dialog ketahanan pangan yang diselenggarakan oleh Pengurus Wilayah Keluarga Alumni Gajah Mada dan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin.

Kunjungannya ke ibu kota Sulawesi Selatan itu juga disambut baik Wali Kota Makassar Danny Pomanto. Mereka mengunjungi Desa Tello Baru, Kecamatan Panakukang, Kota Makassar.

Sepulang dari Makassar, ia mengunjungi Mamuju, Sulawesi Barat pada Senin 10 Oktober 2022. Ganjar bertemu dengan gubernur incumbent Sulawesi Barat, Akmal Malik, dan sarapan bersama di Pasar Induk Mamuju.

Kunjungan Ganjat ke Sulawesi Barat merupakan kunjungan balik. Pada 3 Oktober 2022, Akmal mengunjungi Jawa Tengah untuk pertama kalinya. Di sana, Ganjar juga bersekolah di Pondok Pesantren Attahiriyah Annahdhyah Lombang-Lombang, Kabupaten Kalukku Mamuju, Sulawesi Barat.

Source: nasional.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button