Sadewa Snack Festival 2022 dengan berbagai sajian kuliner di desa wisata Kabupaten Trenggalek - WisataHits
Jawa Timur

Sadewa Snack Festival 2022 dengan berbagai sajian kuliner di desa wisata Kabupaten Trenggalek

SURYA.CO.ID, TRENGGALEK – Lebih dari seratus makanan khas Trenggalek akan dihadirkan pada Festival Seratus Pangan Desa Wisata 2022 (Sadewa) pada Sabtu (10/12/2022) di Kawasan Saung Ledokan Widoro (SLOW), Desa Widoro, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek.

Sebanyak 24 kios dari 24 desa wisata menjual aneka makanan, minuman, dan jajanan ringan untuk pengunjung dan pecinta kuliner.

Mulai dari Grendul, Gethuk Mbothe, Cendol Dawet, Tempe Lodeh, Gatot, Peyek dan makanan serta minuman lainnya.

Usai pembukaan Festival Sadewa 2022, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin bersama Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek Novita Hardini berkeliling warung untuk mencicipi, melakukan evaluasi dan memberikan masukan bagi setiap desa wisata.

Menurut Mas Ipin, sapaan akrab Mochamad Nur Arifin, Sadewa Snack Festival bertujuan untuk meningkatkan kualitas desa wisata.

“Wisata bukan hanya atraksi, keindahan alam dan buatan, tapi juga kuliner. Sehingga bisa dinikmati dari segala sisi, juga dari segi kuliner”, ujar Mas Ipin,

Destinasi wisata nomor satu di Kabupaten Trenggalek sambung, yang paling penting diwaspadai adalah enak dipandang.

“Indah, bersih, ada air, ada bunga. Setelah itu baru merasakan masakan khas itu pasti enak,” jelasnya.

Apa yang pengunjung destinasi wisata dapat dengar dan cium, jika memungkinkan membuat mereka betah berlama-lama di tempat itu, bahkan mungkin kangen setelah kembali.

Dalam kesempatan itu, Mas Ipin memuji makanan, minuman, dan jajanan yang disajikan di Sadewa Snack Festival berpotensi menarik perhatian wisatawan.

“Semuanya enak dan juga terbuat dari bahan-bahan lokal. Ada ubi, singkong, yang dikemas secara sehat tapi modern, bahkan saya pernah mencoba sushi dulu,” jelasnya.

Sementara itu, Trenggalek Sunyoto, Kepala Biro Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud), mengatakan Festival Jajan Sadewa merupakan bagian dari festival pariwisata untuk mendukung desa wisata.

Pada tahun pertama, Festival Sadewa berkonsentrasi pada kuliner, khususnya jajanan.

“Tahun 2021 kita kembangkan 35 desa wisata, kemudian tahun 2022 kita kembangkan lagi 35 desa wisata. Selama pelatihan ini ada beberapa indikasi bahwa kuliner sangat penting untuk mendukung desa wisata. Makanya kami mengadakan festival jajanan ini,” jelas Sunyoto.

Dalam festival ini, Disparbud Trenggalek mengundang sejumlah juri profesional, antara lain Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini.

Selain penjurian, para juri akan memberikan masukan tentang manajemen, penampilan dan keingintahuan sebagai bentuk pembinaan.

“Karena antusiasme peserta dan masyarakat sangat tinggi, festival ini akan rutin digelar setiap tahun. Tahun depan bisa fokus ke atraksi atau budaya, tapi kuliner tetap masuk karena ini satu kesatuan,” pungkasnya.

Selain lomba wisata kuliner desa, Sadewa Snack Festival 2022 juga akan menggelar workshop gastronomi, demo masak, hiburan musik, dan jalan sehat.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI BERITA GOOGLE LAINNYA

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button