Saat memasuki Acara Kharisma Nusantara, XXVII. Festival Nasional Reog Ponorogo 2022 - WisataHits
Jawa Timur

Saat memasuki Acara Kharisma Nusantara, XXVII. Festival Nasional Reog Ponorogo 2022

SURYA.CO.ID, PONOROGO – XXVII. Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) dimulai tadi malam, Senin (25/7/2022).

FNRP XXVII, yang berlangsung hingga 28 Juli, akan menampilkan 27 grup Reog dari Ponorogo dan luar Ponorogo bersaing memperebutkan Piala Presiden.

Di hari pertama FNRP XXVII ribuan penonton memenuhi Alun-Alun Ponorogo, mereka langsung disuguhi penampilan 7 grup Reog dimulai dari grup lokal. Kemudian dari Kabupaten Pacitan ke sederet sekolah menengah di Ponorogo.

Penonton tampak senang mendukung masing-masing grup favorit mereka dengan sorak-sorai dan tepuk tangan.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko juga tampak menyaksikan festival yang merupakan rangkaian acara Grebeg Suro Ponorogo tahun 2022 hingga penampilan kelompok terakhir usai.

Menurut Kang Giri, panggilan akrab Bupati Ponorogo, penampilan para peserta XXVII. Festival Nasional Reog Ponorogo sangat memuaskan bagi para penontonnya.

“Awalnya kami ragu mereka bisa tampil karena tidak bisa latihan di masa transisi pandemi Covid-19, jadi kurang bagus. Tapi buktinya luar biasa, performnya total, brilian, simultan dan kolaboratif. Keren,” kata Kang Giri saat ditemui usai menonton FNRP XXVII pada Senin malam (25/7/2022).

Ia melanjutkan, FNRP XXVII tahun ini telah terdaftar di Kharisma Event Nusantara (KEN), sehingga menjadi bagian dari kalender pariwisata nasional.

“Tentu karena masuk dalam KEN, semangatnya lebih prestisius, dan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif juga terlibat dalam mempromosikan festival ini,” lanjutnya.

Menurut orang nomor satu di Bumi Reog itu, tujuan utama Grebeg Suro 2022 dan Festival Reog adalah untuk melestarikan budaya Ponorogo, selain berperan sebagai pengungkit ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Source: surabaya.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button