Saat mahasiswa asing menghadiri perayaan HUT RI ke-77 di kota Malang... - WisataHits
Jawa Timur

Saat mahasiswa asing menghadiri perayaan HUT RI ke-77 di kota Malang…

MALANG, KOMPAS.com – Sejumlah mahasiswa asing Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) hadir dalam perayaan HUT ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka mengikuti upacara di helipad UMM dan mengikuti berbagai lomba.

Sayed Khalif Shahzad (24), mahasiswa asing asal Afghanistan, mengaku baru pertama kali mengikuti kegiatan tersebut. Sayed baru 5 bulan tinggal di Malang, tapi sudah puas dengan keragaman budaya negara Indonesia.

“Cuaca di sini juga mirip dengan Afganistan, saya pernah berwisata ke tempat-tempat wisata seperti gunung Bromo, pemandangannya sangat bagus, termasuk budayanya, budaya Jawanya ramah dengan orang lain, itu bagus,” kata Sayed dalam wawancara di Heliport UMM, Rabu (17/822).

Baca Juga: 3 Bendera Merah Putih Terpanjang HUT RI ke-77, Pecahkan Rekor Muri

Sayed belajar di program Magister Hukum. Saat ini dia sedang mengikuti kuliah untuk belajar bahasa Indonesia. Dia sebelumnya berkonsultasi dengan KBRI Afghanistan untuk memilih kampus.

“Karena banyak mahasiswa asing di UMM, saya putuskan datang ke sini,” ujarnya.

Baca Juga: HUT RI ke-77, Bendera Merah Putih di Dasar Laut Gili Labak Sumenep

Lamis Ahmad (27), mahasiswa asal Mesir, senang mengikuti lomba lari, menggunakan long clog dan menggiring bola dengan kepala. Meski terlihat kesulitan mengikuti kegiatan tersebut, wajahnya terlihat bahagia.

“Ya, saya gagal dan tidak bisa memenangkan lomba karena ini pertama kali saya bertanding,” katanya.

Ketika ditanya tentang sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, mahasiswi yang menempuh pendidikan S1 jurusan Islam ini hanya tahu bahwa Belanda pernah menjajah Indonesia.

“Hanya sedikit orang yang tahu bahwa sebelum kemerdekaan, Indonesia dijajah oleh Belanda,” katanya.

Mahasiswa asing UMM Sayed Khalif Shahzad (24) asal Afghanistan dan mahasiswa Lamis Ahmad (27) asal Mesir merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.KOMPAS.com/ Nugraha Perdana Mahasiswa Asing UMM Sayed Khalif Shahzad (24) asal Afghanistan dan mahasiswa Mesir Lamis Ahmad (27) merayakan HUT RI ke-77 Secara budaya, Lamis masih dalam tahap penyesuaian. Soal makanan, dia belum merasa nyaman dengan masakan Indonesia.

“Saya masih harus beradaptasi karena banyak perbedaan dengan budaya di Mesir, makanan di sini sangat pedas, saya tidak bisa makan makanan Indonesia,” katanya.

Baca Juga: Abu Bakar Baasyir Hadiri Perayaan HUT RI ke-77: Pesantren Pertama Sejak Berdiri

Rektor UMM Fauzan mengatakan pihaknya mengundang mahasiswa asing merayakan HUT RI ke-77 untuk mengenalkan tradisi dan budaya yang ada di Indonesia.

“Bagi kami ada sekitar 210 mahasiswa asing, tapi yang ikut sekitar 25 orang. Kami juga mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia sehingga para siswa dapat melihat apakah budaya lokal kami ada,” katanya.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: surabaya.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button