Ruwatan Suran Ageng Sedulur Sikep Kampung Samin Karangpace kembali digelar - WisataHits
Jawa Tengah

Ruwatan Suran Ageng Sedulur Sikep Kampung Samin Karangpace kembali digelar

BLORA – Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi, akhirnya tradisi Ruwatan Suran Ageng kembali digelar, Sedulur Sikep, Desa Samin Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo di Pendapa setempat, Senin (8/1/2022).

Tradisi ruwatan diawali dengan pesta akbar makan tumpeng bersama setelah doa dipanjatkan oleh para tetua adat. Berdoa untuk keselamatan dan kelestarian alam agar dijauhkan dari segala bentuk bencana. Pertunjukan wayang kulit diikuti, di mana dalang Ki Sindhunata Gesit Widiharto dari Semarang memperkenalkan lakon Semar Mbangun Kahyangan.

Bupati Blora Arief Rohman mengapresiasi reorganisasi Ruwatan Ageng Sedulur Sikep. Ia ingin tradisi ini menjadi event tahunan dan atraksi wisata budaya di Kabupaten Blora.

“Kata Sakniki Wayangan Malih, Ngruwat Bumine serta seni budaya tradisional Ngletarike peninggalan nenek moyang (Sekarang kita bisa main wayang lagi, jaga bumi sambil melestarikan seni budaya adat dan warisan leluhur). Semoga bersama-sama kita bisa mendukung agenda ini untuk menjadi event tahunan,” ujar Bupati.

Melalui tradisi ini, Bupati berharap warga Kabupaten Blora bisa lebih dekat dengan persaudaraannya. Guyub berkumpul secara harmonis untuk melestarikan tradisi budaya lokal.

“Sulit dipercaya bahwa begitu banyak orang berada di sana. Tidak hanya warga Blora, tapi juga Sedulur Sikep dari luar Blora. Ada juga Mas Gunretno oleh Pati. Kami bekerja sama untuk membangun kebersamaan. Mohon doanya juga agar pembangunan Blora bisa lebih baik lagi kedepannya,” imbuhnya.

Sesepuh Sedulur Sikep Karangpace Mbah Lasiyo menjelaskan bahwa tradisi ruwatan Sedulur Sikep di Karangpace, Klopoduwur rutin dilakukan setiap bulan Surah (Muharram).
“Rutinitasnya setiap Selasa malam Kliwon kali ini 1 Agustus 2022. Sebagai wujud syukur di bulan Sura, latihan tahun baru dibuka setelah tirakat dengan latihan deder dan ngrowot. Warga yang memiliki niat biasanya membawa karung beras yang dibungkus dengan daun jati. Kami berdoa bersama dan makan bersama di Pendapa,” jelasnya.

Penulis: Tim Liputan Prokompim Blora
Penerbit : Di, Diskominfo Jawa Tengah

Source: jatengprov.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button