Romansa jalan-jalan menyusuri sungai Pepe Solo, hanya ada di setiap Grebeg Sudiro - WisataHits
Jawa Tengah

Romansa jalan-jalan menyusuri sungai Pepe Solo, hanya ada di setiap Grebeg Sudiro

Romansa jalan-jalan menyusuri sungai Pepe Solo, hanya ada di setiap Grebeg Sudiro

solo

Kota Solo memiliki wahana wisata yang hanya ada pada saat perayaan Grebeg Sudiro yaitu perahu hias yang menyusuri Sungai Pepe.

Wisata sungai Pepe ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung kawasan Pasar Gede di desa Sudiroprajan kabupaten Jebres.

Dengan menaiki perahu hias di sungai yang membentang di jantung Kota Solo ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan lampion Imlek dan suasana romantis malam Solo dari sudut yang berbeda.

Sekretaris Grebeg Sudiro Nanda mengatakan tahun ini ada tiga perahu hias yang siap memanjakan wisatawan. Kapal hias menyusuri Sungai Pepe dari Jembatan Pasar Gede hingga Kretek Gantung di Jalan Kapten Mulyadi.

“Jarak sekali naik sekitar 500 meter, kalau pulang pergi 1 kilometer,” kata Nanda saat ditemui. detikJatengJumat (13/1/2023).

Menyusuri Kali Pepe, penumpang perahu dapat melihat berbagai lukisan mural di bendungan Kali Pepe. Ratusan lampion juga memberikan keteduhan di sepanjang sungai yang dilintasi perahu.

Harga wisata Sungai Pepe adalah Rp 10.000 per orang untuk pulang pergi. Wisata ini dibuka selama Grebeg Sudiro mulai pukul 18.00 hingga 23.00 WIB.

“Antusiasme pengunjung luar biasa. Rata-rata, ratusan orang datang setiap hari. Dua hari lalu ada 380 pengunjung,” kata Nanda.

Jika sudah penuh, pengunjung harus mengantri untuk mendapat giliran menaiki perahu hias tersebut. Karena setiap perahu hanya bisa menampung 6 orang. Untuk alasan keamanan, penyelenggara membatasi jumlah penumpang.

Ketua Panitia Grebeg-Sudiro 2023 Arga Dwi Setyawan mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan keamanan wisata air ini.

“Kami sedang berkoordinasi dengan BBWS dan BPBD Kota Solo untuk mengetahui debit airnya, ada perlengkapan keselamatan lainnya,” kata Arga.

Setiap sore, pengunjung tampak antre. Salah satu pengunjung, Elsa, mengaku sudah lama menunggu pengalaman pertamanya menyusuri Kali Pepe dengan perahu.

“Menunggu dalam antrean sekitar 30 menit. Mau naik karena wisata musiman, itu tidak setiap hari,” kata warga Klaten itu.

Simak video “Suasana Pra Imlek di Kawasan Glodok”.
[Gambas:Video 20detik]
(di/rih)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button