Ridwan Kamil ingin Bendungan Ciawi menjadi ikon perlindungan banjir dan pariwisata - WisataHits
Jawa Barat

Ridwan Kamil ingin Bendungan Ciawi menjadi ikon perlindungan banjir dan pariwisata

jakarta

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau proyek bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor kemarin, Senin (25/7) yang digarap PT Brantas Abipraya (Persero). RK datang untuk memastikan pembangunan bendungan pengendali banjir Jakarta berjalan sesuai rencana.

Bendungan kering pertama di Indonesia dijadwalkan selesai tahun ini. Bendungan ini bertujuan untuk menjadi solusi mengatasi banjir yang selalu melanda DKI Jakarta, terutama saat musim hujan.

“Ya, Bendungan Ciawi berbeda dengan bendungan pada umumnya, bendungan ini nantinya akan berfungsi sebagai waduk penampung air karena bendungan ini tidak memiliki turbin atau pintu air dan hanya banjir saat musim hujan. Saat musim kemarau, bendungan ini akan mengering,” kata Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya Miftakhul Anas.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Anas menambahkan, bendungan yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) ini memiliki kapasitas volume 6,05 juta meter kubik dan luas dataran banjir 39,40 hektar, sehingga diharapkan mampu mengendalikan dan mengurangi banjir. 111,75 meter kubik per detik.

Bendungan Ciawi digunakan untuk menampung kelebihan air dan melepaskannya secara terkendali pada saat hujan deras. Anas mengatakan, keberadaan Bendungan Ciawi akan mengurangi banjir di pintu air Manggarai di Jakarta Pusat sebesar 11,9%.

Anas menjelaskan, Bendungan Ciawi bertujuan untuk mengurangi debit banjir di Jakarta dengan menghalangi aliran air dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango sebelum mencapai Bendungan Katulampa yang bermuara di Sungai Ciliwung. Bendungan kering yang dibangun Brantas Abipraya tidak hanya berfungsi sebagai penahan banjir, tetapi juga sebagai tempat perlindungan sumber air, kata Anas.

Menurut Anas, Bendungan Ciawi berpotensi menjadi destinasi wisata di Jawa Barat. Dijelaskannya, Brantas Abipraya menambah spot untuk selfie dan jogging track di kawasan tersebut. Hal ini sejalan dengan pesan Ridwan Kamil bahwa Bendungan Ciawi tidak hanya sebagai penahan banjir, tetapi juga sebagai objek wisata alam, tetapi juga kekinian atau Instagrammable.

“Sebagai perwakilan pembangunan, Brantas Abipraya optimis bendungan ini akan selesai dibangun dengan kualitas dan mutu yang baik. Ini juga merupakan komitmen Brantas Abipraya untuk selalu ada untuk Indonesia dan berkontribusi dalam penanggulangan banjir di Jakarta jika terjadi hujan lebat,” kata Anas.

(acn/hns)

Source: finance.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button