Ribuan pelari menelusuri landmark kota di Banyuwangi Healthy Run 2022 - WisataHits
Jawa Timur

Ribuan pelari menelusuri landmark kota di Banyuwangi Healthy Run 2022

Ribuan pelari menelusuri landmark kota di Banyuwangi Healthy Run 2022

Merdeka.com – Ajang wisata olahraga Banyuwangi Healthy Run 2022 berlangsung seru dan meriah. Menghadirkan city tour, lomba lari ini diikuti oleh ribuan pelari dari berbagai kota seperti: Surabaya, miskinBali dan lain-lain.

Para peserta disuguhi wisata kota yang kini banyak menyedot perhatian wisatawan. Mulai dari keindahan matahari terbit di Pantai Boom Marina, titik awal Banyuwangi Healthy Run. Pantai Boom terletak di pusat kota yang tidak hanya menampilkan keindahan alamnya tetapi juga berpadu dengan nuansa sejarahnya.

Artikel media Taboola

Selain itu, para pelari juga melewati Pendopo Shaba Swagata Blambangan atau rumah dinas Bupati Banyuwangi yang berusia ratusan tahun dan terletak di tengah kota Banyuwangi. Para pelari juga disuguhkan dengan taman umum yang tertata apik, yakni Taman Sri Tanjung dan Taman Blambangan.

Lari sehat Banyuwangi 2022

©2022 Merdeka.com

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan Banyuwangi Healthy Run bertujuan untuk memenuhi keinginan kaum milenial. “Kami mendengarkan apa yang diinginkan milenial. Mereka menyukai dua hal, olahraga dan pariwisata. Banyuwangi Healthy Run ini memadukan keduanya,” ujar Ipuk Fiestiandani, Bupati Banyuwangi, saat membuka kegiatan, Minggu pagi (4/12).

“Dulu kami mengikuti lomba lari mendaki gunung atau perkebunan, sekarang kami ajak mereka jalan-jalan di kota yang sekarang juga banyak diminati wisatawan,” imbuh Ipuk.

Para peserta berangkat dari Pantai Marina Boom Banyuwangi menuju Pendapa Sabha Swagata Blambangan. Kemudian belok kiri menuju Simpang Lima, untuk peserta 5km belok melalui Jalan Dr. Soetomo – Taman Blambangan belok kiri, lewati pertigaan PLN T, belok kanan dan sampai di garis finish.

Lari sehat Banyuwangi 2022

©2022 Merdeka.com

Sedangkan peserta 10K dari Simpang Lima berbelok ke kanan menuju Cungking melalui Jalan Kejaksaan Agung Suprapto. Belok kiri di Pertigaan Cungking hingga pertigaan Mojopanggung – Jalan Agus Salim – di sebelah Untag Banyuwangi, belok kiri menuju Simpang Lima – Jalan Dr. Jalan Soetomo – Taman Blambangan, belok kiri, lewati pertigaan T PLN, belok kanan dan masuk ke jalur tujuan.

Para kontestan memperlombakan 2 kategori yaitu 5K yang meliputi siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se Kabupaten Banyuwangi, sedangkan 10K merupakan perlombaan untuk kategori umum. Kemeriahan terlihat sejak pukul 05.00 WIB. Ribuan peserta memadati kawasan waterfront Boom Marina.

Wisata olahraga merupakan salah satu ajang mendongkrak pariwisata daerah, menurut Ipuk. Banyuwangi dengan segala alamnya sangat cocok sebagai tempat wisata olahraga.

“Kami menawarkan kepada mereka yang berolahraga di sini tidak hanya untuk bugar karena oksigen yang melimpah, tetapi juga untuk menikmati keindahan alam kami,” kata Ipuk.

Lari sehat Banyuwangi 2022

©2022 Merdeka.com

Salah satu peserta, Ali Qomaini (21), mengaku senang bisa mengikuti event marathon sambil menikmati pemandangan di Banyuwangi.

“Saya ikut kategori 10 km, rutenya cukup sulit, ada jalan yang menanjak. Juga melewati landmark Banyuwangi seperti Balai Banyuwangi, Taman Sritanjung dan Taman Blambangan. Keren karena dimulai dari pantai,” kata peserta asal Surabaya tersebut.

Bahkan seorang pelari asal Banyuwangi, Alfan Kuswinarto (22), sengaja berlatih untuk persiapan event Banyuwangi Healthy Run 2022. “Sebagai hobi lari, saya melakukannya dengan serius. Udara yang sejuk sangat membantu kita menjaga daya tahan tubuh,” ungkapnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button