Ribuan kerang memenuhi pantai di Kendal. Jadi cepatlah, banyak warga - WisataHits
Jawa Tengah

Ribuan kerang memenuhi pantai di Kendal. Jadi cepatlah, banyak warga

SUARA KEBEBASAN OLEH PEKALONGAN-Kendal. Menjelang akhir tahun 2022, warga di sekitar Pantai Sendang Sikucing Rowosari, Kendal, Jawa Tengah sedang bersenang-senang. Karena saat itu, tempat itu ramai dengan ribuan kerang yang dibawa ombak ke Pantai Sendang. Tak pelak, ribuan kerang diburu oleh banyak warga. Mereka mengambilnya untuk dikonsumsi sendiri atau untuk dijual.

Mereka membawa kantong atau karung plastik di sepanjang Pantai Sendang Sikucing untuk mengumpulkan kerang. Warga tak perlu terjun ke laut karena ribuan kerang terbawa arus kencang ke pantai.

Mengumpulkan kerang juga sangat mudah. Tanpa alat, cangkang diambil dengan tangan lalu dimasukkan ke dalam plastik atau tas.

Baca Juga: Usai Atap Kolam Renang THR Runtuh, Destinasi Wisata Ini Ditutup

Mengutip dari halaman rri.co.idkerang putih sering muncul pada bulan desember dan kondisi cuaca hujan serta gelombang laut tinggi.

Kerang-kerang ini dihancurkan oleh ombak yang menariknya ke pantai. Warga biasanya mencari kerang ini pada pagi dan sore hari.

Menurut Thoriq, warga Kendal, fenomena kerang putih ini terjadi setahun sekali setiap akhir tahun saat gelombang tinggi. Biasanya warga hanya menunggu di pinggir jalan untuk mengambilnya.

“Tapi tahun ini jumlahnya lebih rendah dari tahun lalu,” ujarnya, Selasa, 27 Desember 2022.

Ahmad Mahrozi, Beach Manager Sendang Sikucing membenarkan bahwa fenomena kerang putih ini terjadi hampir setiap tahun. Menurutnya, selain warga sekitar, pengunjung juga mencari kerang di pantai.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button