Rentetan bencana dan hoaks menerpa Geliat Pariwisata Pangandaran - WisataHits
Jawa Barat

Rentetan bencana dan hoaks menerpa Geliat Pariwisata Pangandaran

Pangandaran

Rentetan bencana alam yang terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat membuat kunjungan wisatawan ke tempat wisata Pangandaran tersendat.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, kunjungan wisatawan menurun setelah diterjang gempa beberapa waktu lalu.

“Minggu lalu, rangkaian gempa terjadi di Pangandaran dan ditambah dengan gempa Cianjur,” kata Jeje, Senin (12/5/2022).

Ia mengatakan selain gempa, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan kunjungan wisatawan turun. “Tersebarnya berita bohong tentang dampak gempa Cianjur dan Pangandaran. Kami sangat menyayangkan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab telah merugikan banyak pihak,” ujarnya.

Namun Jeje yakin kunjungan wisatawan akan kembali meningkat dalam beberapa hari ke depan. Gempa kemarin memang menjadi pukulan telak bagi industri pariwisata di Pangandaran.

“Apalagi saat ini menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru. Mereka akan terus memantau dan berharap wisatawan tidak menyurutkan niatnya untuk berwisata ke Pangandaran,” ujarnya.

Meski demikian, Jeje mengaku kini sudah memulai persiapan menyambut kedatangan Nataru. Adapun yang disiapkan untuk pemetaan kerumunan. “Tentunya untuk mengurai kerumunan dan kemacetan lalu lintas, kami akan bekerja sama dengan pemangku kepentingan dari Dishub dan Polres Pangandaran Lane,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran Watch Guntari mengatakan, selama ini banyak berita bohong tentang Pangandaran.

“Setelah terjadi gempa Cianjur, ada informasi Pantai Pangandaran surut, dihantam ombak besar dan sebagainya,” ujar Watch.

Menurutnya, banyak wisatawan yang enggan masuk ke Pangandaran karena hoaks.

“Oleh karena itu, kami sampaikan kepada seluruh warga melalui website resmi dan akun media sosial Kemenpar agar bisa mendapatkan informasi Pangandaran dengan bijak,” ujarnya.

Ia mengatakan, jumlah kunjungan pascagempa ke sejumlah daerah di Jawa Barat turun dari biasanya.

“Liburan akhir pekan Kemarin, jumlah kunjungan wisatawan periode 1-5 Desember 2022 hanya 24.773 orang dari 5 besar objek wisata Pangandaran,” ujarnya.

Kunjungan terbanyak ke Pantai Pangandaran sebanyak 18.961 orang, Pantai Karapyak sebanyak 2.135 orang, Pantai Batuhiu sebanyak 990 orang, dan Green Canyon sebanyak 493 orang. “Biasanya bisa mencapai puluhan ribu bahkan ratusan ribu pengunjung dalam dua hari libur. Minggu ini sangat lamban,” katanya.

(enak enak)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button