Renovasi Cililin Square Bandung Barat masih membutuhkan anggaran Rp 10 miliar - WisataHits
Jawa Barat

Renovasi Cililin Square Bandung Barat masih membutuhkan anggaran Rp 10 miliar

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM – Pendirian Cililin Square berkonsep Little Madinah di Bandung Barat masih membutuhkan anggaran sekitar Rp 10 miliar hingga 100 persen rampung.

Renovasi Lapangan Cililin dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah pembangunan fasilitas gedung dan fasilitas parkir. Pada tahap kedua, penyediaan fasilitas ruang publik dan ornamen pendukung lainnya.

Adang Rahmat Safaat, Kepala Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) KBB, mengatakan perintah itu dilakukan secara bertahap karena minimnya anggaran. Dia memastikan pembangunan tahap pertama akan selesai sebelum akhir tahun ini. Sementara itu, tahap terakhir tidak akan dilakukan hingga 2023.

Baca Juga: Pemkot Bandung Segera Larang Parkir Ilegal dan PKL di Alun-alun

“Masih butuh sekitar 10 miliar rupiah untuk menyelesaikan Alun-alun Cililin Little Madinah. Itu akan dianggarkan dalam APBD 2023 murni sementara kami berharap dukungan dari provinsi,” kata Adang, Sabtu, 17 September 2022.

Adang menjelaskan, desain Cililin Square tidak melulu soal infrastruktur. Tetapi sebagai upaya untuk meningkatkan ruang publik. Setelah proyek selesai, kegiatan masyarakat akan ditempatkan secara proporsional.

“Jadi nanti juga diatur dimana tempat pedagang, pejalan kaki, sarana ibadah dan lain-lain. Tapi tentu saja itu terjadi melalui OPD,” jelasnya.

Baca Juga: Flash Mob di Plaza, Haru Suandharu Percayakan PKS ke Wali Kota Cimahi pada 2024

Ia optimistis bangunan miniatur Madinah Kecil yang menyerupai aslinya akan menjadi kebanggaan warga KBB. Bahkan dengan beberapa fasilitas yang ada, Cililin Square akan menjadi ikon wilayah selatan KBB yang dikenal religi.

“Keberadaan Little Madinah tentunya akan mendongkrak perekonomian warga KBB, khususnya di wilayah selatan. Selain itu, jalan sudah diperbaiki dan mulus, yang bisa menunjang pariwisata ke selatan,” pungkasnya.***

Source: www.ayobandung.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button