Rembang menyelenggarakan jambore relawan se-Indonesia - WisataHits
Jawa Barat

Rembang menyelenggarakan jambore relawan se-Indonesia

REMBANG – Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana 2022 akan digelar mulai Rabu (10/5/2022) hingga Jumat (10/7/2022) di Kawasan Wisata Pantai Karang Jahe (KJB) Desa Punjulharjo, Kabupaten Rembang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang Sri Jarwati mengatakan jambore diadakan untuk meningkatkan kapasitas relawan.

“Kapasitas relawan di kawasan Pantai Utara perlu ditingkatkan. Karena itu, kemampuan tanggap bencana mungkin sama dengan di Jabotabek (Jakarta Bogor, Tangerang, Bekasi),” ujarnya saat dihubungi melalui telepon.

Ia mengatakan, hingga Senin (10/3/2022) sebanyak 1.039 relawan dari berbagai daerah dipastikan ikut serta. Dan pada Selasa (10/4/2022) tenda-tenda didirikan untuk para relawan inti.

“Hingga Senin kemarin, ratusan relawan Salt City juga sudah berada di lokasi untuk mendirikan dapur umum, tenda dan kebutuhan lainnya seperti pasokan air selama kegiatan berlangsung,” jelasnya.

Jadwal kegiatan juga telah disiapkan, dimulai dengan workshop dan diakhiri dengan penanaman mangrove.

“Jadwalnya antara lain gathering, penanaman pohon di Bumi Perkemahan Taman Karangsari, penanaman mangrove di jembatan mangrove dan pembangunan bendungan darurat di Pantai Caruban,” katanya.

Dia menambahkan, ada rencana untuk membersihkan menara masjid. Tapi agendanya, lihat dulu kondisi cuaca.

Terkait jumlah relawan Kabupaten Rembang yang hadir dalam jambore tersebut, Anjar mengatakan awalnya mereka mendapat jatah 100 orang. Namun, karena antusiasme para relawan cukup tinggi, hal tersebut tidak membatasi mereka.

“Karena kita bisa berbagi pengalaman dan menambah wawasan, mohon jangan membatasi kita,” ujarnya.

Sebagai informasi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dijadwalkan hadir dalam acara tersebut bersama Bupati Rembang Abdul Hafidz dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk menanam mangrove.

Penulis: Mifta, Kominfo Rembang
Penerbit : Di, Diskominfo Jawa Tengah

Source: jatengprov.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button