Rem Patah, Ini Kronologi Bus Wisata Semarang Jatuh di Ngarai Sarangan Solopos.com - WisataHits
Jawa Timur

Rem Patah, Ini Kronologi Bus Wisata Semarang Jatuh di Ngarai Sarangan Solopos.com

SOLOPOS.COM – Petugas Pusat Komunikasi (Senkom) Mitra Polri meninjau kondisi bus pariwisata yang mengalami kecelakaan pada Minggu (12/4/2022) di Mojosemi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. (Antara/Siswowidodo)

Solopos.com, MAGETAN Bus PO Semeru Putra Transindo yang ditumpangi rombongan wisata dari Desa Manyaran, Semarang Barat, Kota Semarang mengalami kecelakaan maut dan jatuh pada Minggu (12 April 2022) siang. Berikut kronologi kecelakaan bus pariwisata di Sarangan yang menewaskan tujuh warga Semarang.

Informasi diterima Solopos.com, Kecelakaan bus yang menabrak jurang menuju Sarangan terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Bus jatuh ke jurang setelah menabrak pembatas jalur besi.

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat nongkrong unik punya menu Wedang Jokowi

Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan mengatakan, bus yang ditumpangi rombongan wisata dari Semarang itu jatuh ke jurang sepanjang 20 meter saat menempuh perjalanan dari Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah menuju Telaga Sarangan, Jawa Timur.

“Data sementara ada tujuh korban meninggal dunia termasuk sopir. Adapun penyebab pastinya [kecelakaan] Kami masih menyelidiki,” kata Ridwan.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Magetan, AKP Trifona Situmorang, menduga bus bernomor polisi H 1470 AG itu mengalami kecelakaan akibat rem rusak. Akibatnya, pengemudi kehilangan kendali saat bus menuruni tanjakan terjal hingga menabrak besi pembatas jalan dan terjun ke jurang.

Baca Juga: Bus Tabrakan di Sarangan, Begini Kisah Warga Semarang yang Menolak Ikut Wisata

“Diduga ada masalah pada rem karena kami cek apakah ada bagian rem yang rusak,” kata AKP Trifona kepada wartawan di Magetan, Minggu.

Hingga tujuh orang tewas dalam kecelakaan tunggal ini, termasuk sopir bus. Jenazah dibawa ke kamar mayat RSUD Dr. Sayidiman mengevakuasi Magetan. Enam dari tujuh korban meninggal adalah warga Manyaran, Semarang.

Sementara itu, korban luka berat dan sedang dibawa ke RSUP Dr. RS Sayidiman dan Puskesmas Plaosan.

Bus Transindo PO Semeru Putra mengangkut rombongan wisata dari RT 005 RW 002, Kelurahan Manyara, Kota Semarang yang hendak menuju ke Sarangan. Rombongan wisatawan meninggalkan Semarang sekitar pukul 06.00 WIB dengan dua unit 80 orang.

Baca Juga: Daftar 7 Korban Meninggal Akibat Tabrakan Bus Masuk Ngarai di Sarangan

Bus lain berhasil tiba di Telaga Sarangan, Magetan. Sedangkan bus lainnya mengalami kecelakaan dan menabrak jurang. Saat kejadian, bus tersebut membawa sekitar 50 penumpang.

Evakuasi korban oleh petugas gabungan memakan waktu lama karena kondisi bangkai bus yang terperosok ke jurang sedalam sekitar 20 meter. Selain evakuasi, petugas juga mendata korban meninggal dan luka-luka yang sedang dirawat.

Polres Magetan, didukung oleh Kodim Magetan, PMI, dan BPBD setempat juga berencana menggunakan kendaraan derek untuk mengangkat rongsokan bus dari jurang. Kasus kecelakaan tersebut masih diproses oleh tim Satuan Lalu Lintas Polres Magetan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button