Rekomendasi wisata keren di banyuwangi, cocok untuk menghilangkan stress - WisataHits
Jawa Timur

Rekomendasi wisata keren di banyuwangi, cocok untuk menghilangkan stress

WAKTU INDONESIA, BANYUWANGI – Menghabiskan akhir pekan memang perlu untuk menyegarkan pikiran yang lelah karena bekerja. Nah berikut rekomendasi wisata keren dan tidak biasa yang cocok untuk menghilangkan stres.

Sejuk, damai dan menenangkan adalah Antaboga, destinasi wisata religi dengan keistimewaan wisata pluralistik. Dengan perpaduan simbol enam kepercayaan tersebut, seolah membuat wisata tersebut berbeda dan menimbulkan kesan yang menyenangkan saat diceritakan kepada teman dan kerabat.

Berada di tengah hutan pinus di lahan seluas 3 hektar tepat di lereng Gunung Raung, 45 kilometer dari kota Banyuwangi, membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk berada di Dusun Gunungsari, Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore. Anda akan takjub dengan keindahannya.

Dimanjakan oleh suara riak air, udara sejuk, diiringi nyanyian jangkrik, Anda seakan terlempar ke dunia lain. Alam alami yang dipadukan dengan keyakinan akan keberagaman menjadikannya wisata relaksasi jiwa yang sempurna.

Ada candi atau Plinggihan yang melambangkan umat Hindu, umat Islam yang disimbolkan dengan bangunan Musholla, patung Dewi Kwan Im yang melambangkan umat Budha dan Khonghucu, patung Yesus dan Bunda Maria yang melambangkan umat Kristen dan Katolik. Selain itu juga terdapat patung Ratu Segara Selatan (Ratu Pantai Selatan) yang merupakan tokoh kepercayaan Kejawen, dan masih banyak simbol yang berdiri di kawasan Antaboga.

Seperti Pura Tirta Empul Tampak Siring di Bali, Anda bisa mencuci atau mandi di air yang langsung berasal dari mata air pegunungan yang pastinya segar dan jernih.

Tour-Antaboga-2.jpgSuasana sejuk dan damai dikelilingi oleh pohon pinus. (Foto: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

Ada beberapa mata air yang bisa Anda gunakan untuk mencuci atau mandi yang dipercaya memiliki khasiat masing-masing seperti Sendang Dewi Gangga yang artinya penyucian, Sendang Dewi Uma yang artinya mencairkan, dan yang ketiga adalah Sendang Bedawang Nale yang artinya sembahyang. Ketiganya biasa disebut Tri Murti atau Tiga Kekuatan.

“Jadi diasumsikan orang yang mandi di salah satu mata air akan menuai manfaat dari setiap mata air tersebut,” kata Antaboga Gimin, Minggu (11/12/2022).

Jika Anda berkunjung dan sekedar ingin piknik atau berswafoto, tersedia juga banyak spot foto yang memberikan kesan Anda sedang berada di pulau dewata.

Selain itu, Anda juga bisa berswafoto di pohon pinus seperti pinus Malang atau Yogaykarta.

Sebagai informasi, wisata bernama Pura Beji ini juga memiliki 3 pohon keramat besar yang tumbuh di atas tugu sebagai titik pusat wisata religi ini.

Tour-Antaboga-3.jpgIkon patung Buddha di Antaboga. (Foto: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

Bahkan, di dalam pohon besar tersebut terdapat gua dan bekas tempat semedi, selain itu masyarakat setempat percaya bahwa di dalam pohon tersebut terdapat ular penjaga berukuran besar yang dijuluki ular Antaboga.

Jika penasaran, Anda juga diperbolehkan masuk ke dalam goa dan melihat apa yang ada di dalamnya.

“Anta artinya tempat, boga artinya makanan, secara filosofis artinya tempat terciptanya kesejahteraan dan kebahagiaan,” jelas Gimin sambil menikmati kopi.

Oleh karena itu pada saat liburan khususnya liburan natal, wisata antaboga wajib dikunjungi bersama keluarga bahagia, sangat cocok menjadi tempat wisata asik penuh cinta dan kedamaian.

Jika anda ingin berwisata ke Antaboga, anda harus menaati peraturan khususnya bagi wanita yang sedang haid, dan juga datang dengan niat yang baik dan tulus, seperti kata pepatah, dimana bumi ada, surga ada di atas sana.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button