Rekomendasi wisata di Gedebage - WisataHits
Jawa Barat

Rekomendasi wisata di Gedebage

Rekomendasi wisata di Gedebage

Gedebage akhir-akhir ini ramai sekali warga yang ingin mengunjungi Masjid Raya Al Jabbar. Masjid yang baru saja diresmikan oleh Ridwan Kamil ini menjadi daya tarik utama yang menarik masyarakat ke Gedebage, dan fokus keramaian hanya tertuju pada Masjid Raya Al-Jabbar.

Meskipun selain wisata religi dengan mengunjungi masjid, Gedebage memiliki wisata menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi. Di bawah ini adalah rekomendasi wisata yang dapat dikunjungi di Gedebage.

1. Wisata Habitat Burung Blekok di Desa Blekok

Rekomendasi wisata di GedebageDesa Rancabayawak atau Desa Blekok (instagram.com/henmoto)

Tak jauh dari Masjid Al-Jabbar dan di tengah masifnya pembangunan dan alih fungsi lahan di bagian timur kota Bandung, terdapat sebuah perkampungan yang menjadi sarang terakhir burung padi blekok (Ardeola speciosa) dan Buffalo Heron (Bubulcus ibis).

Nama asli kampung ini adalah Kampung Rancabayawak. Namun karena banyaknya aktivitas blekok dan burung bangau di desa ini, maka desa ini lebih dikenal dengan sebutan “Kampung Blekok”.

Di desa ini Anda bisa mengamati bagaimana burung ini berkembang biak dan hidup berdampingan dengan penduduk desa. Bangau duduk di antara rumpun bambu dan blekok di antara semak-semak. Disarankan untuk datang pada pagi atau sore hari saat burung ini pulang dari mencari makan.

Kampung ini cocok untuk wisata edukasi bagi anak-anak, bagi yang suka hunting foto burung, atau bagi anda yang sekedar mencari suasana baru.

3. Wisata sejarah di Museum Nike Ardila

Dari sejarah hingga religi, inilah 5 rekomendasi wisata di GedebageMuseum Nike Ardilla dan Life Star Cafe (instagram.com/museumnikeardilla_official)

Mungkin sebagian dari kalian sudah pernah mendengar penyanyi legendaris Indonesia ini sebelumnya. Saat itu, Nike Ardilla adalah salah satu idola yang sangat populer di kalangan penonton. Sayangnya, ia harus meninggal karena kecelakaan pada usia 19 tahun.

Meski sudah tiada, para penggemarnya masih mengingat nama penyanyi legendaris tersebut, dan di kawasan Gedebag Anda bisa mengunjungi museum yang dipersembahkan untuknya.

Museum Nike Ardilla dibangun di Jalan Aria Utama nomor 5, Kompleks Arya Graha menjadi saksi bisu dan menyimpan banyak kenangan penyanyi tersebut sepanjang hidupnya. Selain koleksi Nike Ardilla, aksesoris, penghargaan dan barang-barang pribadi, Anda juga dapat melihat ruang pribadi Nike Ardilla dan segala isinya.

Museum ini buka dari jam 11 pagi sampai jam 5 sore dan gratis.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Instagramable di Bandung yang Wajib Kamu Kunjungi

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

3. Wisata kuliner di Sate Damri

Dari sejarah hingga religi, inilah 5 rekomendasi wisata di GedebageSate Damri (instagram.com/kulinerbandung)

Bagi Anda yang menyukai kuliner, salah satu kuliner terkenal dari kawasan Gedebage yang bisa Anda coba adalah Sate Damri. Penjual sate yang dijual di situs Jalan Soekarno Hatta ini tidak hanya enak, tetapi juga memiliki potongan ayam yang besar dan saus kacang yang berlimpah dan lezat. Terkadang Anda harus mengantri untuk mencoba potongan daging penjual sate ini dengan bumbu kacang yang manis dan gurih.

Seperti namanya, lokasi penjual sate ini tidak jauh dari Perum Damri cabang Bandung di Jalan Soekarno Hatta dan mulai berjualan pada pukul 16.30 WIB.

4. Wisata Belanja di Pasar Cimol

Dari sejarah hingga religi, inilah 5 rekomendasi wisata di GedebagePasar Cimol Gedebage (instagram.com/abiebrown98_gallery)

Mungkin sebagian orang yang belum tahu akan menyamakan cimol dengan makanan berbahan dasar tapioka yang biasa dijajakan oleh pedagang kaki lima. Tapi jangan salah, Pasar Cimol adalah surganya para pemburu baju bekas berbagai merk ternama. Karena barang yang dijual di sini adalah pakaian bekas, maka harga yang ditawarkan di sini tentunya lebih murah dari harga baru.

Bagi anda yang suka berbelanja pakaian bekas atau yang sekarang lebih dikenal hemat, tempat belanja di Gedebage yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Di pasar ini Anda akan menemukan banyak penjual pakaian bekas, mulai dari kemeja hingga jaket.

Kata Cimol sendiri merupakan singkatan dari Cibadak Mall. Pasalnya, sejarah keberadaan Pasar Cimol ini awalnya berawal dari Jalan Cibadak. Meski lokasinya sudah berpindah ke Gedebage, masyarakat tetap menyebut pasar ini “Cimol”.

5. Wisata Religi di Masjid Al Jabbar

Dari sejarah hingga religi, inilah 5 rekomendasi wisata di GedebageMasjid Raya Al Jabbar pada malam hari (jabarprov.go.id)

Masjid Raya Al Jabbar yang baru saja diresmikan oleh Ridwan Kamil pada Desember 2022 lalu, kini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung Gedebage. Masjid yang tampak megah dan unik ini dibangun di tengah danau retensi, sehingga tampak seperti mengapung di atas air.

Arsitektur Masjid Raya Al Jabbar sangat unik dengan ornamen kaca patri menghiasi fasad bangunan, halaman luas dan taman yang ditata mengelilingi masjid. Masjid ini juga dilengkapi dengan Museum Rasulullah dan Sejarah Islam Nusantara dan Jawa Barat di lantai dasar masjid yang bisa Anda kunjungi.

Nah itulah beberapa rekomendasi wisata yang bisa dikunjungi di Gedebage. Kemanapun Anda bepergian, selalu perhatikan kebersihan!

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Tahun Baru yang Ramai di Bandung

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button