Rekomendasi museum di Sumenep, berikut harga tiket dan jam bukanya - WisataHits
Jawa Timur

Rekomendasi museum di Sumenep, berikut harga tiket dan jam bukanya

KLIKTIMES.COM | JAKARTA– Berikut rekomendasi museum di kawasan Sumenep. Informasi termasuk alamat, tiket, jam buka, koleksi.

Museum Keraton Sumenep merupakan museum umum dan satu-satunya museum keraton di Jawa Timur. Museum yang terletak di kompleks keraton ini menyajikan koleksi yang berkaitan dengan kerajaan Sumenep.

Koleksi yang ada di museum ini beragam, mulai dari yang kecil seperti keramik dan senjata, hingga yang besar seperti kereta kuda hadiah dari Kerajaan Inggris. Koleksi unggulan museum ini adalah kereta kencana emas yang pernah dikemudikan oleh Arya Wiraraja. Sebagian besar koleksi yang ditampilkan di museum ini merupakan peninggalan Sultan Abd Rachman, cucu dari Bindara Saod, yang memerintah kerajaan Sumenep pada abad ke-18 dari tahun 1811 hingga 1854.

Museum ini bertempat di sebuah bangunan di dalam kompleks Keraton Sumenep. Keraton Sumenep atau Keraton Panembahan Sumolo dibangun pada tahun 1762 pada masa pemerintahan Panembahan Sumolo I atau Tumenggung Arya Nata Kusuma. Arsitek istana ini adalah seorang warga Tionghoa bernama Louw Phia Ngo. Ini menggabungkan gaya arsitektur Islam, Eropa, Cina dan Jawa. Museum ini dimiliki oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep dan dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum Keraton Sumenep.

Baca juga: Rekomendasi Museum di Bondowoso, berikut harga tiket dan jam bukanya

Alamat Museum Keraton Sumenep :
J L.DR.Sutomo No.6,Kecamatan Delama,Pajagalan,Kota Sumenep,Kabupaten Sumenep,Jawa Timur
Jarak ke museum: Dari terminal Sumenep 3,2 km
Telepon: (0328) 667148
Lokasi Jam Kunjungan : Senin-Kamis 07.00-16.00; Jumat-Minggu 08.00-15.00.
Tiket masuk: dewasa: Rp 5.000; Anak-anak: Rp3.000; Wisatawan mancanegara : Rp 10.000.

Usai berkeliling museum, saatnya menikmati wisata kuliner khas Sumenep yang sangat populer di kalangan pecinta kuliner. Kota Sumenep menawarkan kuliner khas dengan cita rasa otentik. Sayang sekali jika dilewatkan saat berada di Sumenep. Misalnya ada Campor, Soto Madura, Soto Madura, Rujak Cingur, Sate Madura, Kaldu Cockot, Nasi Romi, Soto Babat, Apen, Cake. Itulah beberapa menu yang menjadikan kuliner khas Sumenep wajib dikunjungi saat berkunjung ke kota ini. Mari berkunjung ke Sumenep. (Saya suka itu)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button