Rekomendasi kuliner di sekitar Pura Pakualaman, harga murah! - WisataHits
Yogyakarta

Rekomendasi kuliner di sekitar Pura Pakualaman, harga murah!

Harianjogja.com, JOGJA—Ada sejumlah destinasi kuliner yang layak dikunjungi di sekitar Pura Pakualaman. Sejumlah pengecer di sana sudah berjualan selama puluhan tahun, jadi tidak ada alasan untuk meragukannya.

Pura Pakualaman adalah bekas istana kecil Kadipaten Pakualaman. Ada sejumlah bangunan cagar budaya di kompleks yang masih digunakan sampai sekarang. Beberapa bangunan yang bisa dikunjungi adalah museum dan masjid.

Setelah berkeliling Pura Pakualaman, tidak ada salahnya meluangkan waktu anda berburu kuliner di sekitar. Ada sejumlah destinasi kuliner yang wajib dikunjungi untuk berwisata rasa.

DIDUKUNG:

Kepresidenan G20 Indonesia, momentum pemulihan dunia dari krisis global

Berikut rekomendasi destinasi kuliner yang wajib dicoba di sekitar Pura Pakualaman:

Es krim Mr Nardis Rujak

Mencoba es krim rujak di siang hari tentu menjadi kenikmatan tersendiri di tengah teriknya panas yang tiada duanya. Selain itu, jika es krim rujak dicicipi, itu adalah salah satu legenda rujak.

Es Krim Rujak Pak Nardi yang terletak di kawasan Pura Pakualaman menjadi salah satu destinasi kuliner yang wajib dikunjungi di Jogja. Konon es krim rujak ini merupakan pelopor es krim rujak di Jogja karena sudah ada sejak tahun 1978.

Selada gunung es di stand Pak Nardi berisi esputer dan buah yang dibumbui dengan rujak. Salah satu perbedaan salad es krim ini adalah menggunakan mangga sebagai pengganti nanas. Keistimewaan salad lainnya adalah tidak mengandung kacang. Seporsi salad es krim dijual hanya dengan harga Rp 8.000.

Bakso dan mie ayam Cak Iwan

Di Jogja, warung bakso dan mie ayam sangat mudah ditemui di berbagai jalan. Kuliner favorit banyak orang ini bisa menjadi sajian yang aman untuk berbagai kesempatan.

Namun, ada warung bakso dan mie ayam yang direkomendasikan di kawasan Pura Pakualaman, yaitu Warung Bakso dan Mie Ayam Cak Iwan. Banyak penggemar mie ayam yang mengenali kelezatan hidangan di toko ini karena toko ini tidak pernah sepi pembeli.

Semangkuk mie ayam dan bakso bisa dilengkapi dengan berbagai topping di sini, tapi yang paling menonjol adalah ceker dan tetelan. Semangkuk mie ayam dan bakso mulai dari Rp 10.000.

jamu ginggang

Membersihkan tenggorokan dengan herbal mungkin tidak cocok untuk semua orang. Namun, tak ada salahnya mencoba es nasi kencur atau es kunir asam untuk menyegarkan hari.

Di kawasan Pura Pakualaman terdapat toko jamu yang resep aslinya berasal dari abdi dalem Kadipaten yaitu Jamu Ginggang. Resepnya sudah diracik sejak tahun 1927.

Di sana, pelanggan bisa meminta berbagai olahan herbal. Mulai dari yang biasa seperti nasi kencur dan kunyit asam segar hingga jamu untuk pengobatan. Harganya murah, mulai dari Rp 4.000 saja per gelas.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button