Rekomendasi desa wisata di Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Rekomendasi desa wisata di Yogyakarta

JAKARTA – Ketika mendengar nama Yogyakarta, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah pariwisata. Ya, provinsi yang terletak di bagian selatan pulau Jawa ini memiliki banyak tempat wisata mulai dari wisata sejarah, seni budaya hingga alam.

Terdiri dari lima wilayah administratif yaitu Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunung Kidul, masing-masing dengan pesona tersendiri.

Selain pemandangan pegunungan dan pantai, seni dan budaya masyarakat Yogyakarta menjadi daya tarik tersendiri. Kini kearifan lokal yang ada telah dikembangkan menjadi desa wisata.

Jika Anda berlibur ke Yogyakarta, berikut rekomendasi desa wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Desa Wisata Pentingari
Desa Wisata Pentingsari bisa menjadi salah satu desa yang wajib dikunjungi di Yogyakarta. Pesona pemandangan ini adalah suasananya yang begitu sejuk dan sejuk. Hal ini tidak terlepas dari lokasinya yang berada di lereng Gunung Merapi. Dari desa ini, wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas seru seperti; B. belajar membatik, bermain gamelan, mengunjungi tempat wisata dan menginap di desa ini.

Desa Wisata Tembi
Bagi yang ingin berwisata dengan nuansa tradisi Jawa yang lebih kental bisa mengunjungi Desa Wisata Tembi. Wisatawan diajak ke sini untuk merasakan dan belajar tentang tradisi budaya Jawa dengan cara yang menyenangkan. Karena semua budaya Jawa ini ditampilkan dengan cara yang menarik seperti dipamerkan di galeri-galeri batik di Museum Rumah Budaya Tembi. Di museum ini terdapat alat-alat tradisional Jawa, seperti tombak, keris, alat membatik untuk pertanian.

Desa Wisata Kasongan
Desa wisata terdekat yang bisa dikunjungi adalah Kasongan, desa ini selalu cukup terkenal bagi wisatawan yang berlibur di Yogyakarta. Daya tarik utama desa ini adalah lokasi para pembuat tembikar. Untuk melihat proses pembuatannya secara langsung, Anda bisa mengunjungi desa wisata yang ada di Kecamatan Kasihan, Bantul ini. Jaraknya hanya sekitar 13 km dari kota Yogyakarta dengan jarak tempuh setengah jam.

Desa Wisata Jatimulyo
Desa ini terletak di kawasan Pegunungan Menoreh pada ketinggian 500-800 meter di atas permukaan laut, atau tepatnya di Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Seperti desa wisata lainnya, desa ini sarat dengan wisata budaya. Setiap bulan Sapar diadakan dengan Merti Dusun Jatimulyo atau upacara adat yang sarat dengan kearifan lokal. Tidak hanya itu, desa ini juga memiliki wisata alam seperti Gua Sumitra, Gua Kiskendo, Air Terjun Setawing, Gunung Lanang dan masih banyak lagi yang lainnya.

desa wisata nglanggeran
Desa wisata ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul, banyak sekali jenis wisata yang ada di desa ini. Seperti situs geologi, alam, sejarah, budaya, pendidikan dan kuliner. Salah satu yang paling terkenal adalah wisata alamnya berupa gunung api purba, dan gunung ini menjadi ikon desa Nglanggeran. Tidak hanya itu, gunung ini telah diakui oleh UNESCO sebagai Geopark Global untuk Gunung Sewu. Selain pegunungan, daya tarik alam lainnya adalah Air Terjun Kedung Kandang yang terdiri dari rangkaian batuan vulkanik bertingkat.

Source: www.validnews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button