Rekomendasi 14 Wisata Temanggung Terbaru 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

Rekomendasi 14 Wisata Temanggung Terbaru 2022

Pengilon Edupark terletak di Desa Sawah, Pengilon, Bulu, Temanggung. Mengusung konsep keluarga dengan pemandangan alam yang indah, tempat wisata ini sangat cocok sebagai tempat bersantai, obatatau menikmati bulan madu.

Banyak fasilitas yang tersedia, seperti restoran dan kafe, taman yang terawat, tempat parkir yang luas, kolam renang, minizoHAI, TV, taman glamping, kemping, dan juga kebun lengkeng kristal. Udaranya sangat segar, sejuk dan dingin karena berada di bawah kaki Gunung Sumbing.

Taman edukasi yang sering menjadi arena ruang terbuka untuk permainan anak buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 19.30 WIB.

2. Penutupan Embung

Embung Kledung, Waduk yang menghadap Gunung Sumbing @Instagram/gunung.sumbing

Embung Kledung berada di Kledung, Temanggung. Embung Klederung merupakan waduk buatan kecil yang dulunya digunakan untuk irigasi namun kini telah diperluas fungsinya menjadi tempat wisata.

Konsep waduk dengan latar belakang pemandangan Gunung Sindoro Sumbing menjadi spot foto bagi wisatawan, terutama saat cuaca cerah. Di area ini juga terdapat area camping, tempat parkir yang luas, dan beberapa warung makan dan minum. Anda juga dapat mengunjunginya kapan saja karena tempat ini buka 24 jam setiap hari.

3. Monumen Meteorit Wonotirto

Monumen Meteorit Wonotirto, sebuah monumen bersejarah di Kabupaten Temanggung. @Instagram/dinbudpar_temanggung

Monumen Meteorit Wonotirto terletak di Desa Wonotirto, Bulu, Temanggung. Sejak tugu peringatan itu didirikan untuk memperingati peristiwa sejarah dampak meteorit pada tahun 2001, tugu peringatan itu menjadi tempat wisata yang cukup populer di Temanggung.

Monumen Meteorit merupakan tempat wisata edukasi sejarah dengan pemandangan alam yang sangat indah dan udara yang sejuk. Di sekitar monumen terdapat taman terbuka, tempat parkir dan kolam renang. Jalan-jalan di sekitar monumen juga dapat dijelajahi dengan sangat baik dengan sepeda.

Jam buka museum untuk pengunjung adalah dari hari Senin sampai Minggu dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

4. Taman Wisata Posong

Taman Wisata Posong, Wisata Alam Temanggung cocok untuk camping. @Instagram/bibin_wibisana

Taman Wisata Posong merupakan tempat wisata Temanggung yang berada di dataran tinggi dengan ketinggian 1.823 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Taman yang juga berfungsi sebagai tempat perkemahan ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan udaranya yang sejuk dan segar. Area ini banyak ditumbuhi rerumputan hijau, dengan latar belakang pegunungan yang memanjakan mata.

Banyak sekali lokasi foto yang bisa digunakan wisatawan di tempat ini. Misalnya, ada menara pengintai dan sayap kupu-kupu sebagai area selfie untuk anak muda. Ada juga beberapa game keluar di sini, seperti rubah terbang, trekkingGsampai kenaikan.

Pengunjung juga bisa mendirikan tenda untuk menikmati sunrise atau sunset saat senja. Bagi yang ingin berkunjung ke Taman Wisata Posong, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 04:00 hingga 16:30 WIB.

5. Taman Kartini Temanggung

Taman Kartini Temanggung, sebuah taman wisata keluarga yang populer di Temanggung. @Instagram/temanggung

Taman Kartini terletak di Desa Kowangan, Kabupaten Temanggung. Daya tarik Taman Kartini adalah terdapat berbagai jenis fasilitas seperti kolam renang, lapangan, lapangan basket, taman bermain anak-anak, pentas seni, lapangan tenis, tempat olahraga dan berbagai penjual makanan.

Taman ini menjadi tempat pertemuan karena akses buka 24 jam sehari. Toilet, mushola, fasilitas makan, tempat duduk dan tempat parkir yang luas juga direncanakan di sekitar area ini.

6. Tuk Budoyo

Tuk Budoyo, wisata alam sekaligus wisata budaya di Temanggung. @Instagram/bibin_wibisana

Tuk Budoyo adalah tempat wisata alam di Temanggung yang terkenal dengan mata airnya yang mengalir dari lereng Gunung Sumbin. Tuk Budoyo terletak di kaki Gunung Sumbing, yaitu di Desa Losari, Tlogomulyo. Meskipun tempat ini dekat dengan pegunungan, akses bagi wisatawan relatif mudah karena jalannya ditutupi beton.

Daya tarik tempat ini adalah pemandangan alam yang indah, udara yang sejuk, lingkungan yang bersih, suasana yang tenang, dan pemandangan kota Temanggung yang dapat dilihat. Terdapat beberapa fasilitas penunjang seperti mushola, toilet, tempat parkir, tempat duduk, penjaja makanan dan minuman serta pendopo.

7. Jumprit Umbul

Umbul Jumprit, Wisata Temanggung yang kental dengan gaya religi Hindu @Instagram/destinasipariwisatajateng

Jumprit adalah mata air di Ngadirejo, Temanggung. Bagi masyarakat Hindu, mata air ini dianggap sebagai air suci untuk penyucian jiwa, sehingga tidak heran jika di sekitar kawasan ini sering dijadikan sebagai tempat pertapaan.

Mata airnya sejuk dan ada kolam renang di depan makam dan viewnya bagus. Tempat wisata ini biasanya dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Pengunjung disarankan untuk berhati-hati di sekitar monyet, terutama monyet ekor panjang. Karena kawasan wisata ini merupakan bagian dari habitat primata tersebut. Pengunjung juga bisa memberi makan monyet di sekitar mata air ini.

8. Pemandangan Siandul

Sigandul View, sebuah wisata di Temanggung dengan panorama yang menakjubkan. @Instagram/dewiimbem18

Pemandangan Sigandul tidak jauh dari Jembatan Sigandul yang fenomenal di Temanggung. Sigandul View mengusung konsep wisata alam, akomodasi, restoran dan kafe.

Wahana utama yang ditawarkan adalah jembatan kaca, spot foto dengan pemandangan alam, memberi makan kelinci dan ikan, makanan lezat yang dijual di restoran dan kafe, atau menginap di vila. Lokasi ini dibuka untuk pengunjung setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 05.00 – 22.00 WIB.

9. Curug Titang

Wisata air populer di Temanggung, Curug Titan. @allindonesiantourism.com

Curug Titan terletak di Desa Ketitang, Nampirejo, Temanggung. Air terjun ini masih satu aliran dengan lunge dan sering dijadikan area arung jeram untuk pecinta alam.

Air terjun ini sering digunakan oleh warga sekitar sebagai tempat ritual menyambut bulan suci Ramadhan yaitu Padusan. Selain itu, setiap Minggu Pahing, ada pasar pagi yang menjual berbagai jenis jajanan dan makanan.

Aliran airnya tidak terlalu besar, jernih dan segar. Pemandangannya sangat bagus dengan banyak pohon besar di sekitar area. Air Terjun Curug Titan buka setiap hari mulai pukul 08:00-18:00 WIB.

Baca juga: Curug Titan, Wisata Alam yang Menyegarkan di Temanggung

10. Pasar Ngadiprono Papringan

Pasar Papringan Ngadiprono, tempat wisata dengan konsep pasar yang unik. @Instagram/jagonyadolan

Pasar Ngadiprono Papringan merupakan Obyek Wisata Temanggung, sebuah objek wisata yang menarik dengan konsep pasar tradisional yang buka setiap hari Minggu Wage atau Pon. Lokasinya berada di dalam hutan bambu, transaksi di pasar ini menggunakan alat pembayaran yang disebut “Pring”. musim semi berasal dari bahasa Jawa dan berarti bambu. Sebuah pring bernilai Rp 2.000.

Tempat wisata budaya ini menjual berbagai jenis makanan dan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Penjualnya sangat ramah, pasarnya teduh, Dingin, dan udaranya sangat segar dengan nuansa pedesaan. Layaknya pasar desa, pasar Papringan buka setiap Minggu Wage atau Minggu Pon mulai pukul 06.00 pagi hingga hampir siang.

11. Daya pikat taman air

Pikatan Waterpark, taman rekreasi air yang populer di Temanggung. @ai_yea (tripadvisor)

Pikatan Waterpark adalah sebuah taman rekreasi air yang cukup terkenal di Temanggung. ledakan air terletak di jl. Raya Pikatan, Mudal, Temanggung.

Terdapat beberapa kolam untuk pengunjung dengan air yang bersih dan jernih. Ada banyak seluncuran air dan seluncuran dengan berbagai ukuran. Fasilitas penunjangnya antara lain fasilitas pencuci piring, area piknik dan kafe. Jam operasional Pikatan Water Park dimulai pada pukul 08:00 WIB pada pagi hari dan pada pukul 16:00 WIB pada sore hari.

12. Alun-Alun Kota Temanggung

Alun-Alun Temanggung, ikon sekaligus sarana berkumpulnya komunitas-komunitas di Temanggung. Instagram/dhian_hardjodisastro

Alun-Alun Kota Temanggung terletak di Jl. Brigjen Katamso, Suronatan. Alun-alun ini merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi pada malam hari atau pada hari libur. Udaranya sejuk, udaranya segar. Meski tidak terlalu luas, masih banyak pohon yang bisa dijadikan sebagai tempat berteduh.

Alun-alunnya tinggi sehingga Anda harus naik tangga untuk sampai ke puncak. Akses juga disediakan bagi penyandang disabilitas.

Dengan latar belakang pegunungan, alun-alun ini menjadi tujuan wisata sehari yang populer bagi warga Temanggung. Ada juga taman yang bersih dan terawat, taman bermain anak-anak dan banyak penjual makanan di seberang jalan.

13. Wisata Alam Sigrowon

Sigrowong, wisata alam yang cocok untuk camping dan penyembuhan. @Instagram/sigrowong

Sigrowong terkenal dengan hutan pinusnya yang indah. Tempatnya yang luas, asri, bersih dan udara yang sejuk membuat wisata alam ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Pemandangan hutan pinus yang indah pasti akan menyegarkan pikiran dan tubuh Anda. Pengunjung dapat menginstal di sini tempat tidur gantung dan berkemah bersama.

Di sisi lain tempat ini terdapat kebun kopi dan banyak spot selfie. Tersedia juga mushola bagi anda yang ingin beribadah dan tempat makan dengan pilihan kuliner yang lezat. Sayangnya, tempat ini hanya buka dari pagi hingga malam. Menjelang matahari terbenam, kawasan wisata tutup dari pengunjung.

14. Alam Sewu

Pemandangan matahari terbenam yang indah di alam Sewu. Instagram/hani_fatus_shaliha

Wisata Temanggung terakhir dalam daftar ini adalah Alam Sewu di Ngadirejo, Temanggung. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah, perkemahan, outbond, cafe, losmen dan spot foto keren. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan tempat parkir yang luas, mushola dan kamar mandi.

Itulah rekomendasi 14 tempat wisata Temanggung yang bisa Anda jadikan referensi. Jika Anda mengunjungi salah satu tempat wisata di atas, jangan lupa untuk mengenakan pakaian tebal atau jaket karena udaranya cukup dingin.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button