Referensi Kuliner Wisatawan, Soto Ayam by Pak Dalbe melayani 400 porsi sehari • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Referensi Kuliner Wisatawan, Soto Ayam by Pak Dalbe melayani 400 porsi sehari • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Salah satu tempat kuliner di kota Jogja yang selalu ramai dan menjadi referensi wisatawan adalah Soto Ayam Pak Dalbe. Berlokasi di kompleks perkantoran Jalan Jenderal Sudirman, Terban, Gondokusuman, Jogja. Toko Soto ini tidak pernah sepi pembeli. Padahal lokasinya cukup jauh dan sempit.

Pemilik Soto Ayam Pak Dalbe Latif mengatakan, ini merupakan bisnis keluarga yang sudah mencapai generasi kedua. Kakaknya Dalbe memulai bisnis kuliner ini pada tahun 1995. Sementara itu, sejak 2004 hingga sekarang, Latif-lah yang melanjutkan Soto Ayam Pak Dalbe.

“Dulu tahun 1995 di Kraton. Itu dua (generasi), satu keluarga,” ujarnya saat ditemui Ayam Pak Dalbe, Jalan Jenderal Sudirman, Terban, Gondokusuman, Jogja, Rabu (27/7) di Warung Soto. .

Latif menjelaskan, di dalam mangkok, soto berisi kol, taoge, mie kuah, ayam kampung, bawang goreng, dan daun seledri. Kemudian di atasnya diberi kuah kental berbumbu dan rasa gurih. Latif mengatakan saus ini membedakan soto ayam Pak Dalbe dari soto lainnya. Soto Ayam Saus Pak Dalbe juga terasa lebih enak dan menggugah selera dengan menggunakan ayam kampung.

Selain soto, ada beberapa menu tambahan lainnya seperti gorengan dan sate ayam. Dalam sehari, Soto Ayam dari Pak Dalbe bisa terjual hingga 400 porsi. Seporsi soto campur dihargai Rp 13.000 sedangkan soto jus seharga Rp 16.000. Hingga saat ini Soto Ayam Pak Dalbe telah membuka 5 cabang yang tersebar di wilayah Jogjakarta. Buka dari Senin hingga Jumat dari pukul 6 pagi hingga 12 malam.

“300 hingga 400 porsi dapat dibagikan dalam sehari. Sebelum pandemi, itu adalah 500 hingga 600 porsi pra-pandemi. Rata-rata pembelinya dari luar, sini dan dekat kantor,” imbuhnya.

Salah satu buyer asal kota Jogja, Shakira Candra, mengaku ini bukan kali pertama menikmati Soto Ayam Pak Dalbes. Beberapa tahun lalu, Shakira mengaku pernah menjadi klien Soto Ayam Pak Dalbe. Setelah bertahun-tahun tidak mampir, ia merasakan kualitas rasa yang masih sama saat pertama kali mencoba Soto Ayam Pak Dalbe.

“Sotonya masih terasa sama seperti beberapa tahun lalu. Rasanya manis. Kualitas ayamnya juga tidak berkurang, tetap sama. Dulu biasa ke sini, cuma lama nggak ke sini, sekarang rasa masih sama,” ujarnya.

Pembeli lain dari Purwokerto, Zakiya, mengaku pernah makan di Soto Ayam Pak Dalbe atas rekomendasi teman dan beberapa review di media sosial. Menurutnya, Soto Ayam Pak Dalbes memiliki rasa yang gurih. Baginya, rasanya juga tidak terlalu asin, meski sudah ditambah bumbu pelengkap seperti kecap atau sambal.

“Sup ini rasanya cerah Jadi. Enak, kuahnya juga pas di campur semuanya. Tidak terlalu asin. Ini adalah pertama kalinya. Datang ke sini atas rekomendasi teman-teman yang ada di sini, langsung dari media sosial Twitter, dan Instagram,” katanya. (isa/ila)

Source: radarjogja.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button