Realisasi pendapatan dan belanja Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2022 melebihi target - WisataHits
Jawa Timur

Realisasi pendapatan dan belanja Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2022 melebihi target

Realisasi pendapatan dan belanja Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2022 melebihi target

Selasa, 3 Januari 2023 | 13:38 WIB

| penulis :

Buku catatan : Kuznadi

Surabaya, InfoPublik – Tahun Anggaran 2022 Provinsi Jawa Timur Realisasi kinerja Pendapatan dan Belanja Negara menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Hal itu dibuktikan dengan data Laporan Realisasi Anggaran (LRA) tertanggal 31 Desember 2022. Realisasi pendapatan provinsi Jawa Timur mencapai 107,47% atau setara Rp 31,77 triliun. Realisasi ini telah melampaui target sebesar Rp29,56 triliun.

Pendapatan ini terbagi atas pendapatan asli daerah (PAD), pendapatan transfer dan pendapatan daerah wajib lainnya.

Sedangkan realisasi belanja daerah mencapai 92,47 persen atau setara dengan Rp. 31,07 triliun dari target Rp 33,60 triliun. Terkait realisasi beban potensial, akan meningkat lagi karena proses sinkronisasi berlangsung hingga 10 Januari 2023.

Atas segala capaian dalam realisasi ini, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan apresiasinya atas seluruh kerja keras dan kinerja terbaik seluruh OPD di lingkungan Pemprov Jatim.

Menurutnya, pencapaian ini juga merupakan bentuk kerjasama dan sinergi semua pihak dalam percepatan pemerataan pembangunan sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam pemulihan ekonomi untuk kepentingan masyarakat Jawa Timur.

“Selama ini kita berusaha, bekerja keras dan diiringi dengan doa kepada Allah SWT, sehingga pada akhirnya kita mendapatkan banyak prestasi. Alhamdulillah, sukses ini berkat sinergi semua pihak yang terlibat di Jatim. Seluruh OPD, Dukungan FORKOPIMDA Jatim, Bupati “Walikota, tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi, media, dan dukungan dari pemangku kepentingan dunia usaha, serta partisipasi yang luar biasa dari seluruh masyarakat Jatim,” kata Gubernur Khofifah saat apel pagi di Halaman Kantor Gubernur, Surabaya, Senin (1/2/2023).

Gubernur Khofifah menambahkan berdasarkan data tersebut juga menunjukkan tren peningkatan dibandingkan tahun fiskal 2021. Tahun 2021, target penjualan daerah Rp 32,9 triliun terealisasi 33,3T atau 101,04%.

Lebih lanjut ia menyampaikan, untuk realisasi belanja daerah tahun anggaran 2021 ditargetkan sebesar Rp. 36,6 triliun dan terealisasi Rp 33,4 triliun atau setara dengan 91,02%.

Lebih lanjut Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa prestasi membanggakan ini patut kita syukuri dan akan menjadi motivasi bagi Jatim untuk menghasilkan program yang lebih baik tahun ini. Oleh karena itu, ia berharap seluruh elemen dapat memperkuat kinerja di masing-masing wilayah kerja.

“Tentu tidak mudah untuk mempertahankan apa yang telah dicapai. Tapi insyaallah di tahun baru 2023 ini semangat kita untuk mengabdi kepada masyarakat bangsa dan negara insya Allah akan semakin kuat,” ucapnya.

“Khusus untuk mekanisme kontrol pelaksanaan anggaran, kami berharap pada tahun anggaran 2023 seluruh OPD dapat meningkatkan kecepatan dan ketepatan PBJ sehingga perekonomian dapat segera tancap gas di awal tahun,” pungkasnya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non sti)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button