Realisasi nilai investasi kota Madiun tahun 2022 melebihi target - WisataHits
Jawa Timur

Realisasi nilai investasi kota Madiun tahun 2022 melebihi target

Realisasi nilai investasi kota Madiun tahun 2022 melebihi target

Kota Madiun (ANTARA) – Realisasi investasi masuk di Kota Madiun, Jawa Timur pada 2022 tercatat Rp 214 miliar atau melampaui target Rp 193 miliar.

“Pertumbuhan investasi di kota kita Madiun cukup menjanjikan. Investor besar mengincar potensi kota ini,” kata Wali Kota Madiun Maidi di Madiun, Kamis.

Menurut dia, data OPD terkait menunjukkan bahwa sebagian besar investasi disumbangkan oleh sektor komersial. Menurut data, pada 2022 sekitar 60 persen realisasi investasi berasal dari sektor perdagangan.

“Sisanya berasal dari hotel, restoran, dan penyedia jasa lainnya,” ujarnya.

Berdasarkan catatan DPMPTSP Kota Madiun, realisasi investasi tahun 2022 yang mencapai Rp 214 crore, surplus Rp 21 crore dari target Rp 193 crore.

Kondisi ini meningkat karena realisasi investasi yang diterima pada tahun 2021. Yakni, pada 2021, terealisasi Rp 202 miliar dari target Rp 191 miliar. Atau surplus Rp 11 miliar.

Ia menjelaskan temuan ini membuktikan bahwa iklim investasi di Kota Madiun cukup baik meski pandemi COVID-19 belum berakhir.

Pemkot Madiun semakin optimistis nilai investasi akan meroket di tahun 2023 seiring situasi pandemi COVID-19 yang cukup terkendali.

“Banyak restoran dan outlet ternama dengan jaringan internasional yang berinvestasi di Kota Madiun,” ujar Maidi.

Adanya tempat wisata buatan dan pusat ekonomi baru menjadi senjata andalan untuk menarik investor menanamkan modalnya di Kota Madiun. Karena itu, lanjut dia, Kota Madiun akan terus berupaya membuatnya lebih menarik.

Selain itu, ada tambahan amunisi untuk menarik investor besar hingga investor kecil. Yakni, keberadaan Heroes of Business Center (PBC), Heroes of Religion Center (RRC) dan Bogowonto Culinary Center (BCC).

“Kota kita semakin menarik, banyak orang ingin mengunjunginya. Investor dipersilakan mengembangkan bisnisnya di sini,” ujarnya.

Ditambahkan walikota, Kota Madiun saat ini menjadi tujuan wisata dan pihaknya akan meningkatkan upaya untuk menarik investor hotel berbintang internasional.

Dengan banyaknya investor yang berinvestasi di Kota Madiun, pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja juga terdongkrak.

“Intinya kesejahteraan warga Kota Madiun juga meningkat,” kata Maidi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button