Reaksi Jodi Mahardi soal kabar Kepulauan Widi akan dilelang - WisataHits
Jawa Timur

Reaksi Jodi Mahardi soal kabar Kepulauan Widi akan dilelang

JAKARTA (ANTARA) — Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menegaskan nusantara atau Kepulauan Widi di Halmahera Selatan, Maluku Utara, tidak dimiliki oleh pihak manapun.

Konfirmasi itu disampaikan Jodi dalam pernyataannya, Kamis di Jakarta, setelah beberapa media melaporkan bahwa nusantara telah dilelang di tempat pelelangan asing.

Jodi menegaskan, pemerintah Indonesia memiliki peraturan perundang-undangan yang menyatakan bahwa pulau-pulau kecil tidak bisa dimiliki sepenuhnya oleh pihak manapun.

“Pulau-pulau kecil hanya bisa dikelola oleh perorangan tertentu dengan batas luas maksimum tertentu,” kata Jodi.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, Kepulauan Widi sudah memiliki izin pengelolaan antara swasta dan pemerintah provinsi setempat.

Izin administratif sudah diberikan kepada PT Pimpinan Kepulauan Indonesia (LII) sejak lama, namun menurut kabar pembangunannya hingga kini belum terealisasi hingga tersiar kabar pelelangan.

Baca Juga: Indonesia Menjadi Destinasi Wisata Perikanan Dunia

Jodi mengatakan, ketika izin administrasi pulau kecil telah diperoleh dari perusahaan/badan hukum nasional, maka proses kerjasama penanaman modal dengan pihak asing juga harus dilakukan sesuai ketentuan hukum.

“Pihak yang berkepentingan untuk mengelola, bukan memiliki, wilayah pulau kecil harus meminta persetujuan pemerintah. Sanksi bisa dijatuhkan jika undang-undang dilanggar,” katanya.

Selain itu, Jodi juga menegaskan bahwa kedaulatan Indonesia atas seluruh pulau yang berada di garis pangkal kepulauan Indonesia tidak perlu diragukan lagi dan telah diakui dunia.

Kepulauan Widi merupakan gugusan pulau yang sangat indah. Pemerintah setempat telah mengadakan beberapa festival untuk mempromosikan keindahan nusantara.

Sebelumnya santer diberitakan, gugusan pulau di Indonesia yang dikenal dengan nama Kepulauan Widi akan dilelang oleh situs lelang asing Sotheby’s Concierge Auctions yang berbasis di New York, AS.

CNN melaporkan ada lebih dari 100 pulau di Kepulauan Widi, atau yang disebut pelelangan Cagar Alam Widi, tersebar di area seluas 10.000 hektar.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button