Rayakan HUT TNI dengan wisata edukasi Museum Satriamandala. Ayo! - WisataHits
Jawa Timur

Rayakan HUT TNI dengan wisata edukasi Museum Satriamandala. Ayo!

Jakarta: Tanggal 5 Oktober diperingati setiap tahun sebagai hari lahir Tentara Nasional Indonesia (TNI). Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk memperingati hari jadi TNI sobat medcom salah satunya dengan mengunjungi Museum Pendidikan Sejarah TNI di tanah air ya Museum Satriamandala.

Museum Satriamandala terletak di 14 Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan. Bangunan museum ini dulunya bernama Wisma Yaso, kediaman Ratna Sari Dewi Soekarno dan tempat dimakamkannya Bung Karno sebelum dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

Dilansir dari situs Ditjen SMP, Museum Satriamandala menyimpan berbagai benda bersejarah yang berkaitan dengan perjuangan TNI dari tahun 1945 hingga saat ini. Ada 74 diorama di museum ini yang menggambarkan peran TNI dalam kaitannya dengan pertahanan dan pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Apa pendapat Anda tentang artikel ini?

Masih di dalam kompleks museum Satriamandala terdapat gedung Waspada Purbawisesa yang menampilkan diorama yang menggambarkan TNI dan perjuangan rakyat untuk menumpas gerombolan separatis DI/TII di Jawa Barat, Jawa Tengah, Aceh, Kalimantan Selatan dan Sulawesi bergambar tahun 1960-an. Selain diorama, juga dipamerkan dokumen, peta aksi dan relik lainnya.

Koleksi yang terdapat di Museum Satriamandala antara lain: Senjata berat dan ringan, atribut militer, spanduk dan simbol di lingkungan TNI, kendaraan perang seperti tank dan kendaraan lapis baja, berbagai jenis pesawat termasuk pesawat Curen yang diterbangkan oleh Agustinus Adisucipto dan tandunya, Sementara Jenderal Soedirman menggunakan gerilya melawan penjajah.

Untuk merayakan hari jadi TNI, sahabat Medcom kini bisa berwisata edukasi ke Museum Satriamandala untuk menambah referensi dan juga pengetahuan tentang sejarah TNI. Melalui perjalanan ke Museum Satriamandala, diharapkan sahabat medcom dapat mewarisi nilai-nilai perjuangan dan nilai-nilai luhur 1945 secara utuh. Selamat Ulang Tahun Tentara!

(CEU)

Source: www.medcom.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button