Ratusan Peserta Ikuti Tour de Merapi 2022 - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Ratusan Peserta Ikuti Tour de Merapi 2022 – ANTARA News Yogyakarta

Sleman (ANTARA) – Sebanyak 550 peserta mengikuti tur sepeda motor “Tour de Merapi 2022” yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu.

Para peserta Tour de Merapi diberhentikan oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Lapangan Pemerintah Daerah Sleman kemudian menempuh perjalanan sekitar 100 kilometer hingga berakhir di Desa Ekowisata Pancoh, Turi.

Agenda tahunan ini tidak hanya melibatkan warga Kabupaten Sleman, tetapi juga peserta dari Jawa Tengah dan sekitarnya.

Baca Juga: Tour de Merapi 2022 Diharapkan Tingkatkan Pariwisata Sleman

Direktur Biro Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid mengatakan Tour de Merapi tahun ini merupakan event yang ke-17.

“Acara Tour de Merapi tahun ini merupakan upaya untuk mempromosikan destinasi wisata, khususnya di Sleman Barat, daerah penyangga makanan,” katanya.

Menurut dia, melalui kegiatan ini diharapkan potensi dan kekayaan pariwisata di wilayah Sleman Barat semakin dikenal masyarakat luas, seperti yang terjadi di wilayah Sleman Utara dan Sleman Timur.

Ajang Tour de Merapi ini menempuh jarak 100 kilometer dengan total lima posko. Dengan melingkupi kawasan Sleman Barat, diharapkan potensi wisata di sana bisa semakin dikenal masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan setelah kegiatan terbatas akibat pandemi COVID-19 dua tahun lalu, agenda Tour de Merapi kini sedang dikembangkan lebih lanjut dengan “talk show” langsung tentang kebijakan pengembangan pariwisata di Kabupaten Sleman.

Zayid juga berharap jumlah peserta meningkat di tahun berikutnya, dan hari ini juga ada peserta dari luar Sleman.

“Kegiatan ‘Tour de Merapi’ 2022 mengusung tema ‘Pulihkan lebih cepat, bangun lebih kuat’, yang melalui kegiatan dapat merevitalisasi sektor pariwisata sebagai penggerak ekonomi di Kabupaten Sleman,” katanya.

Bupati Kustini Sri Purnomo mengatakan pada penutupan “Tour de Merapi 2022” bahwa antusiasme peserta yang besar menjadi bukti bahwa acara tahunan ini memiliki penggemar tersendiri.

Dengan penyelenggaraan yang ke-17 ini, peserta tidak hanya mengenal potensi wisata yang ada di Kabupaten Sleman, tetapi juga dididik tentang ketertiban dan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas.

“Semoga kegiatan Tour de Merapi ini dapat meningkatkan kunjungan masyarakat ke tempat-tempat wisata Sleman,” ujarnya.

Setelah melewati lima posko yang telah ditentukan, peserta Tour de Merapi 2022 melanjutkan perjalanan menuju finish point di Desa Ekowisata Pancoh, Girikerto, Turi.

Berbagai kegiatan seperti hiburan musik, “talk show” pariwisata Sleman dan pembagian doorprize turut memeriahkan penutupan “Tour de Merapi” di titik finish.

Pada kesempatan ini Bupati Sleman mengikuti undian dan menyerahkan hadiah utama yaitu sepeda motor dan sepeda gunung.
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan pemenang doorprize sepeda motor bagi peserta tour sepeda motor “Tour de Merapi 2022” di titik finish Desa Ekowisata Pancoh, Minggu (16/10/22). ANTARA/HO-Prokopim Seksi Sekretariat Sleman

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: 550 peserta mengikuti Tour de Merapi 2022

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button