Ratusan pesepeda menjelajahi keindahan Perbukitan Menoreh dengan total hadiah Rp 50 juta - WisataHits
Yogyakarta

Ratusan pesepeda menjelajahi keindahan Perbukitan Menoreh dengan total hadiah Rp 50 juta

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO — Ratusan pesepeda mengikuti BOB Highland Cross Country Challenge yang diselenggarakan Badan Otorita Borobudur pada Minggu (12/4/2022).














Peserta awal oleh Pasar Digital Menoreh dan Selesai di D’Loano Glamour Camping (Glamping), Desa Sedayu, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo.

BOB Highland Cross Country Challenge dibagi menjadi delapan kategori, yaitu Men Pro, Men Open, Men Youth, Gravel Open, Women Open, Men Master A, Men Master B, King and Queen Of Mountain. Acara ini memiliki total harga Rp 50 juta.







Direktur Industri Pariwisata dan Lembaga Pariwisata Badan Otorita Borobudur Bisma Jatmika mengatakan tentang kegiatan tersebut wisata olahraga Hal-hal seperti ini terbukti efektif mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Pola pariwisata kini berubah, adanya pandemi Covid-19 membuat wisatawan lebih selektif wisata olahraga (sport tourism) karena dianggap lebih sehat dan menyenangkan,” ujarnya.







Sekitar 150 peserta BOB Highland Cross Country Challenge berasal dari pesepeda nasional, pesepeda internasional, pesepeda gunung, komunitas pesepeda, PB ISSI (Persatuan Olahraga Sepeda Indonesia) dan UCI (United Cycling International). Menariknya, acara ini juga diikuti oleh peserta dari luar DIY dan Jawa Tengah bahkan dari luar negeri.







“Pesertanya melebihi ekspektasi kami, tidak hanya dari Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Jawa Barat, bahkan ada peserta dari Malaysia. Ini bisa menjadi angin segar bagi kita wisata olahraga kita dan mendongkrak perekonomian daerah,” ujarnya.

Para pesepeda disuguhi jalur mendaki dan menurun dengan pemandangan eksotis kawasan Perbukitan Menoreh. Diantaranya adalah Kebun Teh Nglinggo, Tumpeng Menoreh, Puncak Widosari dan desa wisata sekitarnya.

Peserta khususnya yang berasal dari luar daerah diharapkan dapat memberikan kesan yang mendalam sehingga kembali lagi ke obyek-obyek wisata di sekitar Gelang Projo.

Diharapkan event bersepeda ini dapat mempromosikan destinasi wisata di Dataran Tinggi Borobudur yang berada di Kawasan Otoritatif Kantor Pelaksana Otorita Borobudur, serta memberikan multiplier Memengaruhi baik untuk manajer keluarga tamu atau hotel di daerah tersebut. Dengan cara ini, perekonomian warga setempat terbebani.

“Saya senang dengan antusiasme para peserta untuk menguasai rute sepanjang 10 kilometer dengan perbedaan ketinggian 600 meter. Seorang pengendara sepeda dapat menempuh jarak sekitar 30 menit. Sedangkan naik sepeda motor pada gigi satu berlangsung sekitar 45 menit. Pesepeda itu luar biasa,” ujarnya.

Selain itu, ia juga melihat antusiasme peserta BOB Cross Country 2022 sangat luar biasa. Untuk itu, pihaknya akan menjajaki wisata olahraga selanjutnya.

“Saya muncul ide untuk mengadakan acara seperti ini lagi dengan rute De’Loano ke Borobudur dengan jarak tempuh sekitar 35 kilometer. Jalur Pasar Digital Menoreh ke De’Loano melewati tiga desa wisata yaitu Sedayu, Benowo dan Dlinggo, sehingga jalur De’Loano menuju Borobudur akan melewati lebih dari 20 desa wisata,” kata Bisma.

Cross Country Selain promosi desa wisata, para peserta juga mendapat udara segar dan panorama pegunungan yang indah.

BOB bekerja sama dengan dinas terkait antara lain Dinas Olahraga Pemuda dan Pariwisata (Dinporapar) Purworejo dan Kulonprogo.


Aksi peserta BOB Cross Country Challenge 2022. (Special)

Kepala Dinas Dinporapar Kabupaten Purworejo Stephanus Aan Isa Nugraha mendukung BOB Cross Country 2022. “Saya berharap BOB Cross Country menjadi event tahunan daerah,” ujarnya melalui pesan singkat. koranbernas.id.

Para pesepeda yang mengikuti kegiatan ini mengaku senang. Medan yang disiapkan panitia memakan banyak tenaga. Meski demikian, mereka berharap acara tersebut dapat berlangsung secara rutin.

Nuryani, salah satu kompetitor asal Yogyakarta mengaku ingin berlaga di BOB Cross Country 2022 dengan jarak tempuh sekitar 10 kilometer. Medannya ekstrim. Ada tanah kerikil. Tanjakannya banyak.

“Saya sering mengendarai sepeda, tetapi tidak sendirian, sering teman alias untuk memimpin Komunitas, butuh ketekunan, jika strateginya tidak bagus, Anda bisa kalah di jalan. Menyenangkan sekali, ini pertama kalinya BOB mengadakan acara seperti ini, semoga terus seperti ini setiap tahunnya,” kata Nuryani.

Pemenang BOB Cross Country Challenge 2022 adalah kategori Men Open Miftahul Huda, Raffi Brillianto, Tigor Naratama, Ahmad Fikri Saputra.

Kategori Master Putra A yakni Raden Arif Sigid Sulistyo, Moammar, Apriyono, Tri Wahyu Hidayat dan M Uki Kurniawan. Kategori elite putra antara lain Zainal Fanani, Ihza Muhammad, Fari Yudoyono, Elsa Dwi Hertanto, dan Naufal Ghani.

Kategori Gravel Open antara lain Benu Hernowo, Yanuar Brindil, Mohammad Azuri, Sigid Noviansyah dan Azis Risdian.

Kategori Men Master B antara lain Andi Joe, Benny Setya, Iswan MD Samairi, Gandul dan M Zukadi Malik. Kategori pemuda putra antara lain Dimas Nur Fadil, Andra Riski P, Moammar Gaddafi, Arfan Hermanda Saputra dan Rexi Achira Kenan.

Kategori Women Open antara lain Pegi Maulidia, Maria Dea Wrestiningtyas, Shaista Mutiara, Nur Syaningsih dan Intan Tyasningrum.

Kategori Raja Gunung dimenangkan oleh Zainal Fanani dan Ratu Gunung oleh Shaita Mutiara.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button