Ratusan jeep yang didesain khusus untuk wisatawan Gunung Bromo kembali menjalani uji kelayakan - WisataHits
Jawa Timur

Ratusan jeep yang didesain khusus untuk wisatawan Gunung Bromo kembali menjalani uji kelayakan

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Ratusan jeep yang dirancang khusus untuk wisatawan Gunung Bromo akan kembali menjalani uji kelayakan kendaraan di test center Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo di Jawa Timur, Senin (10/10/2022). Uji kelayakan dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada pengunjung.

Uji kelayakan ratusan jeep di bawah naungan Penyedia Jasa Akomodasi dan Transportasi (Patra) Gunung Bromo telah dilakukan secara bertahap. Pekan lalu ada 78 jeep dari Desa Wonokerto, dan sekarang ada 78 lagi dari Desa Ngepung, Kecamatan Sukapura.

jeep-mount-bromo.jpgPetugas sedang melakukan uji kelayakan terhadap sejumlah jeep Gunung Bromo. (FOTO: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

Mobil jip tersebut melaju bersama-sama dari Kecamatan Sukapura menuju test center di Desa Alassumur Kulon di Kecamatan Kraksaan. Mereka langsung berbaris rapi menunggu pemeriksaan oleh petugas di lokasi.

Wakil Ketua Patra Gunung Bromo Umam Masduqi mengatakan uji kelayakan akan dilanjutkan dengan jeep lain kali ini minggu depan. Semua Jeep menjalani uji tuntas menyeluruh.

Tujuannya, kata dia, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo. Untuk membuat para wisatawan merasa lebih nyaman dan siap untuk kembali menikmati indahnya pemandangan wisata internasional ini.

“Kami (Patra) mengkoordinir uji kelayakan ini dari desa-desa. Minggu lalu dari Desa Wonokerto dan hari ini dari Desa Ngepung, Kecamatan Sukapura. Total 156 jip telah diuji tahun ini, ”kata Umam.

Studi kelayakan kendaraan, kata dia, tidak hanya menjadi kewajiban bagi kendaraan di wisata Gunung Bromo, tetapi juga menjadi keharusan bagi penyedia jasa transportasi wisata untuk menjaga kesehatan kendaraannya masing-masing.

“Justru karena feasibility check ini kita tahu kondisi kendaraan kita sendiri, kita juga mendapat rekomendasi dari inspektur untuk perbaikan terlebih dahulu dan akan segera menindaklanjuti, jika perlu diperbaiki di bengkel akan kita ambil. ke bengkel,” kata pria berjenggot dan berkacamata itu.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) pengujian kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo, Ambar, mengatakan banyak jeep yang telah melakukan uji kelayakan dalam dua pekan terakhir.

“Kalau saat ini jumlahnya sama dengan minggu lalu dan yang diuji hari ini umumnya 80 persen baik, hanya perlu perbaikan kecil-kecilan dulu ya, tes ini juga untuk keselamatan wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo,” kata Ambar.

Proof-of-concept Jeep khusus Gunung Bromo akan dihapus secara bertahap setiap minggu pada kendaraan Jeep lainnya. Sehingga angkutan jeep di Kabupaten Probolinggo menjamin keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button