Ratusan fasilitas kesehatan di Jabar siaga hingga akhir 2023 - WisataHits
Jawa Barat

Ratusan fasilitas kesehatan di Jabar siaga hingga akhir 2023

bandung

Dinas Kesehatan Jabar telah menetapkan posko kesehatan untuk libur tahun baru 2023. Direncanakan 515 Puskesmas dan 88 Rumah Sakit akan siaga selama libur akhir tahun.

Berdasarkan data yang diperoleh dari detikJabar, ratusan fasilitas kesehatan di sepanjang jalur wisata di Jawa Barat disiagakan. Seperti Purwakarta, Karawang, Pangandaran, Kota Bogor, Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Sumedang.

“Untuk ketersediaan pelayanan di Puskesmas, sebanyak 515 Puskesmas disiagakan selama libur tahun baru. Lalu ada 88 rumah sakit yang disiagakan,” ujar dr. Raden Vini Adiani Dewi, Rabu (28/12/2022).

Selain fasilitas kesehatan, Dinas Kesehatan Jabar juga telah mendirikan total 70 posko kesehatan di sepanjang jalur pariwisata di Jabar. Puluhan posko ini nantinya akan didukung oleh total tenaga kesehatan yang siap siaga mencapai 646 orang selama libur akhir tahun.

“Jadi kalau bisa di kantor pos, kita langsung ke kantor pos. Jika memang diperlukan penanganan lebih lanjut, akan kami rujuk ke Puskesmas atau rumah sakit yang sudah kami siapkan untuk liburan tahun baru,” ujarnya.

Menurut Vini, puskesmas dan rumah sakit yang siaga selama liburan Tahun Baru 2023 tidak hanya membuka pelayanan kesehatan. Vaksinasi COVID-19 juga dapat dilakukan, namun dengan waktu yang ditentukan sesuai pedoman masing-masing fasilitas kesehatan.

“Selain pelayanan kesehatan, juga tersedia vaksin. Namun waktunya hanya bisa dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 14:00 WIB dini hari. Jadi bukan 24 jam untuk vaksinasi COVID,” pungkasnya.

(Ral/Bola)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button