Ratusan bonsai cantik dipajang di Alun-Alun Ungaran - WisataHits
Jawa Tengah

Ratusan bonsai cantik dipajang di Alun-Alun Ungaran

Kabupaten Semarang

Sedikitnya 404 peserta dari 5 provinsi di Jawa dan Sumatera mengikuti Pameran dan Lomba Bonsai Nasional di Lapangan Bung Karno, Kabupaten Semarang. Pameran yang mengangkat tema Masterpiece Bonsai Serasi Bumi ini berlangsung selama 10 hari.

“Kegiatan pameran nasional ini sudah dilaksanakan sejak 4 Oktober dan akan ditutup besok 13 Oktober 2020. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 404 bonsai yang terdiri dari 5 provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DIY dan terjauh dari provinsi Jambi,” kata Ketua Umum Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten Semarang, Widodo Nur Jati Kusuma Detik Jawa TengahSelasa (12/10/2022).

Widodo mengatakan jenis tanaman dan umur tanaman bonsai yang diikutsertakan dalam Panitia Nasional dan lomba kali ini tentang jenis dan umur tanaman yang berbeda.

“Jenis tanaman dalam kompetisi ini, semua jenis tanaman untuk bonsai, bisa dilombakan. Ada serut, sancang, santigi, ada timeng atau ficus, asam jawa ada waru, ada cemara udang dan pinus sinensis dan masih banyak lagi. Usia rata-rata bonsai relatif muda. Ada 100 tahun, 50 tahun dan 10 tahun. Untuk jadi bonsai minimal 10 tahun,” imbuhnya

Pemenang kontes bonsai kali ini adalah tanaman bonsai tanaman endemik Sumatera milik kontestan dari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

“Sang Juaranya berasal dari Kabupaten Ciamis, jenis anting-anting wanita. Ini adalah tumbuhan endemik Sumatera yang banyak ditemukan di Riau, termasuk tumbuhan liar. Jenis yang dicukur saat di Kabupaten Semarang,” katanya.

Widodo mengatakan tujuan dari kontes bonsai ini adalah untuk meningkatkan nilai sebuah bonsai. Semakin banyak manfaat dan nilai sejarah yang dimiliki tanaman Bonsai, maka semakin tinggi pula harga yang bisa ditawarkan nantinya.

“Tujuan diadakannya pameran adalah untuk menaikkan harga bonsai. Bagi yang tidak menang, hadiah awal mungkin Rp 10 juta, tetapi setelah pemenang tidak lagi Rp 10 juta, akan ditawarkan dengan harga dua kali lipat,” kata Widodo.

Pameran Bonsai Nasional di Lapangan Ungaran, Rabu (12/11/2022).Pameran Bonsai Nasional di Lapangan Ungaran, Rabu (12/11/2022). Foto: Ria Aldila Putri/detikJateng

Baca selengkapnya di halaman berikutnya…

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button