Rasakan keindahan alam Air Terjun Pinang Seribu Samarinda - WisataHits
wisatahits

Rasakan keindahan alam Air Terjun Pinang Seribu Samarinda

Samarinda memang terkenal dengan keindahan alamnyatermasuk wisata alam Air Terjun Seribu Pinang. Tentu saja lokasinya wahana air ini hadirkan pesonanya Alami luar biasa untuk dinikmati minggu berakhir.

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 08.00-23.00 WITA, Alamat: Sempaja Utara, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur; Kasus: Cek lokasi

Saat berkunjung ke Samarinda, tentunya Anda harus menyempatkan diri untuk singgah di salah satu destinasi wisata alamnya. Rekomendasi tempat wisata yang paling cocok adalah Air Terjun Pinang Seribu. Tidak hanya keindahan alam yang bisa Anda nikmati, sejumlah fasilitas dan wahana juga tersedia di sini. Selengkapnya berikut ulasannya.

Pesona yang ditawarkan oleh air terjun Pinang Seribu

Pesona Ribuan Air Terjun PinangKredit gambar: Google Maps Relando Tri Hangara

Berbicara tentang pesona alam yang ditawarkan Samarinda memang tidak ada habisnya. Pasalnya, berbagai wisata alam tersedia di kota ini saja. Jika Anda berkunjung ke kota ini, jangan lupa untuk mengunjungi air terjun yang terletak di desa Sempaja Timur ini. Di tempat ini, Anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang indah.

Air terjun ini merupakan salah satu objek wisata alam pada beberapa wisata di Samarinda, Kalimantan Selatan. Daya tarik yang ditawarkan oleh Air Terjun Pinang Seribu adalah ketinggiannya yang berbeda dengan wisata alam lainnya. Pasalnya, ketinggiannya diperkirakan hanya sekitar 4-5 meter dengan kemiringan yang tidak terlalu curam.

Namun, air terjun ini tidak kalah menawan dari air terjun lainnya di Samarinda. Justru dengan keunikan inilah yang membuatnya ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak hanya itu, pesonanya pun terlihat seolah terbelah menjadi dua bagian dan terdapat celah di tengahnya.

Anda bisa melihat ada dua tebing yang terbentang di tempat ini dengan celah yang cukup besar, sekitar dua meter. Sehingga pengunjung bisa memanfaatkannya untuk bermain air. Di wisata alam ini, Anda juga bisa melihat berbagai satwa khas hutan Kalimantan. Tentunya akan menciptakan pengalaman baru bagi Anda yang sedang berlibur.

Apalagi pengunjung akan disuguhi air terjun yang dikelilingi pemandangan alam yang menawan. Panorama di sini sungguh menakjubkan karena terdiri dari kontur yang unik. Pepohonan rindang mengelilingi air terjun, bebatuan besar menjulang mengapit air terjun, dan aliran air cukup jernih.

Ditambah lagi lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota memudahkan pengunjung dari luar daerah Samarinda. Bagi Anda yang tinggal di perkotaan, mengunjungi tempat wisata alam seperti ini bisa menjadi obat ampuh untuk mengatasi penat dan ingin bersantai.

Daya tarik lain yang bisa menyihir pengunjung yang datang adalah suasana sejuk dan asri saat pepohonan tumbuh di sekitar air terjun. Jika ingin bermain air lebih leluasa, ada kolam dengan air jernih untuk berenang di airnya. Aliran sungai yang tidak terlalu deras juga membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

Selain pemandangannya yang indah, di lokasi air terjun juga terdapat wahana yang bisa menantang adrenalin pengunjung yang datang. Dengan demikian, menghabiskan liburan di sini bersama keluarga akan semakin seru dan menyenangkan. Tak berhenti sampai di situ, pihak pengelola menyediakan danau buatan yang bisa dimanfaatkan untuk wahana sepeda air dan sejenisnya.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Pinang Seribu

Aktivitas di Air Terjun Pinang SeribuKredit gambar: Google Maps Yusup Marwan

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Pinang Seribu. Pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti duduk di bebatuan dekat air terjun untuk menikmati pemandangan. Bahkan, Anda juga bisa sekadar mendengarkan gemericik air yang jatuh ke kolam di sekitar air terjun.

Pemandangan alam yang indah dan asri bisa menjadi salah satu destinasi bagi Anda yang menyukai fotografi. Anda bisa mengabadikan momen di tempat ini dengan pemandangan yang menawan. Keindahan air terjun dengan kontur bebatuan, aliran yang tenang dan pepohonan yang rindang di sekitar lokasi menjadikannya tempat yang tepat untuk mengambil foto yang bagus.

Selain itu, Anda juga bisa berenang di bawah air terjun. Karena tingginya hanya sekitar empat sampai lima meter, memungkinkan Anda menghabiskan waktu di dalam air. Tentunya tubuh yang semula merasa lelah akan terobati dengan kesejukan air terjun dan juga pemandangan di sekitarnya.

Meski tergolong wisata alam, tempat ini menawarkan wahana permainan yang patut Anda coba. Salah satu permainan yang menarik untuk dipertimbangkan adalah dogfish dan wahana sepeda air. Jika Anda ingin menantang adrenalin Anda, flying fox bisa menjadi solusi yang tepat.

Sedangkan bagi Anda yang ingin bermain sambil menikmati keindahan alam di sekitar Air Terjun Pinang Seribu, ada baiknya Anda memilih sepeda air. Karena mengendarai kendaraan ini tidak memerlukan keahlian khusus. Yang harus Anda lakukan adalah mengayuh dengan kedua kaki.

Setelah lelah mencoba semua wahana yang menarik, pengunjung bisa bersantai di gazebo yang disediakan untuk mereka. Dijamin Anda tidak akan bosan saat mengunjungi tempat wisata ini. Sambil bersantai, Anda bisa menyantap hidangan lezat yang bisa dipesan dari warung-warung di sekitar air terjun ini.

Saat berada di tempat wisata yang indah ini, tidak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen bersama. Karena di Air Terjun Pinang Seribu, Anda bisa mendapatkan pemandangan menawan yang tidak bisa ditemukan di tempat wisata alam lainnya. Hasil selfie akan lebih bagus jika menggunakan background bebatuan dan air terjun sebagai lokasi terbaik.

Tak hanya itu, beberapa komunitas juga memberikan layanan outbond ke air terjun tunggal ini. Salah satu aktivitas yang patut dicoba adalah memanjat jembatan gantung yang dibangun tepat di sekitar lokasi air terjun. Jembatan ini terbuat dari tali dengan rangkaian kayu sebagai tumpuan. Ketinggiannya tidak terlalu besar, tetapi perasaan saat mendakinya akan membuat Anda merasa seperti sedang berjalan di atas air.

Fasilitas yang tersedia di Waterfall Tour

Instalasi Air Terjun Pinang SeribuKredit gambar: Google Maps NASY Production

Karena banyaknya pengunjung yang datang ke tempat wisata alam ini, pengelola saling berlomba melengkapi fasilitas pengunjung. Ada banyak wahana dan fasilitas liburan yang bisa Anda nikmati. Ada juga beberapa gazebo yang disediakan sebagai tempat peristirahatan bagi wisatawan yang datang ke air terjun sambil menikmati keindahan alamnya.

Setidaknya ada sekitar 10 gazebo yang dibangun untuk dijadikan tempat bersantai sejenak setelah lelah berjalan-jalan. Setiap gazebo di sini terdiri dari ruangan kecil dan besar. Sehingga Anda bisa leluasa menempati fasilitas yang disediakan oleh penanggung jawab air terjun Pinang Seribu.

Jika Anda pengunjung dari luar kota dan ingin bermalam di wisata alam ini, ada vila yang bisa disewa. Namun ketersediaannya masih sangat terbatas. Jadi, selama musim liburan, Anda mungkin tidak dapat menggunakan struktur akomodasi ini sendirian.

Adapun fasilitas penunjang lainnya di lokasi air terjun ini, seperti tempat parkir, mushola dan toilet. Tidak perlu khawatir jika harus menunggu lama untuk bergiliran, karena di wisata alam ini terdapat sekitar 8 kamar mandi. Tempat parkir yang disediakan cukup luas untuk menampung puluhan mobil dan motor.

Lokasi Air Terjun Pinang Seribu dan Harga Tiket Masuk

Lokasi Air Terjun Seribu PinangKredit Gambar: Google Maps alvin krisnawan

Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Samarinda sehingga mudah untuk dijangkau. Bagi anda yang memulai dari Sempaja, jarak menuju lokasi air terjun hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Untuk sampai ke sini, wisatawan harus melewati beberapa warga desa hingga ke ujung Jalan Pinang Seribu.

Kemudian, Anda harus melewati jalan yang cukup terjal dengan pemandangan tebing yang cukup tinggi. Meski akses menuju Air Terjun Pinang Seribu cukup sulit, namun perjalanan panjang tidak akan terasa, karena hamparan alam yang menghijau di sekitar tempat wisata.

Untuk harga tiket, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sekitar dua puluh ribu rupiah per orang. Sedangkan biaya parkir yang harus dibayar hanya sekitar 2000-an. rupiah untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Namun jika ingin melakukan wahana tersebut akan dikenakan biaya tambahan

Jadi, bagi pengunjung yang ingin menikmati permainan seperti flying fox, biayanya sekitar Rs 40.000. Sedangkan untuk permainan sepeda air, tarifnya dipatok sekitar Rp 20.000. Tempat wisata ini buka dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore. Tentu saja jam tersebut berlaku untuk waktu Samarinda yaitu WITA.

Untuk membuat liburan Anda lebih seru dan bermain sepuasnya, Anda harus memulai perjalanan dari Samarinda sekitar jam 9 pagi. Dengan begitu, Anda bisa menikmati keindahan alam sekaligus segarnya udara saat masih pagi. Plus, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu jika Anda memulai perjalanan Anda lebih awal.

Demikian ulasan tentang keindahan Air Terjun Pinang Seribu di Samarinda. Agar liburan seru bisa diabadikan, ingatlah untuk membawa kamera dengan baterai penuh. Jika Anda berasal dari luar daerah, Anda tidak perlu khawatir karena tempat ini menawarkan akomodasi dan beberapa fasilitas lainnya untuk menunjang kenyamanan pengunjung air terjun.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button